Buku Brain Rules (Aturan-Aturan Otak) ditulis oleh Dr. John Medina. Beliau adalah profesor rekayasa biologis di Washington School of Medicine. Beliau juga merupakan direktur Brain Center for Apllied Learning Research di Seattle Pacific University.
Buku ini membahas tentang cara kerja otak menurut ilmu neurosains terbaru. Buku ini ditulis karena Dr. Medina merasa banyak pengetahuan tentang otak yang hanya tersimpan di lab dan universitas. Padahal memahami cara kerja otak sangat bermanfaat bagi para guru, orangtua, pebisnis dan profesional.
Menurut penulis, cara kerja otak sebenarnya sangat rumit. Penelitian seputar otak pun belum mampu mengungkap cara kerja otak sepenuhnya. Meski demikian, memahami sebagian dari cara kerjanya pun sudah sangat bermanfaat dalam kehidupan kita.
Dr. Medina merangkum cara otak dalam 12 Aturan Otak. Aturan-aturan ini akan memberikan gambaran dan pemahaman sederhana bagi kita tentang bagaimana otak bekerja. Mari kita mulai...
Aturan #1
EXERCISE - Olahraga mendongkrak kekuatan otak.
Ada hubungan berbanding lurus antara kinerja otak dengan aktivitas fisik. Otak manusia akan bertumbuh dengan baik pada saat kita bergerak. Kita pun akan mampu berpikir dengan jernih, memecahkan masalah secara kreatif bila kita meluangkan sebagian hari kita untuk bergerak. Orang yang suka berolahraga mengungguli para pemalas dalam hal memori jangka panjang, penalaran, fokus, dan pemecahan masalah. Berbagai penelitian seputar otak mengaminkan hal ini.
Ide tindak lanjut:
- Pastikan anak-anak memiliki kegiatan fisik yang memadai. Ini sangat bermanfaat bagi otak dan pertumbuhan kecerdasan mereka.
- Belajarlah sambil bergerak, jangan hanya duduk diam.
- Berjalanlah minimal 4000 langkah setiap hari. Ini akan membuat otak kita berkinerja lebih baik.
Aturan #2
SURVIVAL - Otak kita berevolusi
Otak adalah "alat" untuk bertahan hidup. Mereka yang memiliki otak, bukan tubuh, terkuat lah yang akan bertahan. Kemampuan otak untuk memecahkan masalah, belajar dari kesalahan dan menciptakan aliansi dengan orang lainlah yang membuat kita mampu bertahan. Otak kita beradaptasi dengan lingkungan sehingga kita tetap bertahan di atas bumi.
Proses adaptasi otak dengan lingkungan inilah yang membuat otak kita berevolusi. Bila kita melihat struktur otak kita, kita dapat melihat hasil evolusinya. Kita dapat membagi otak kita menjadi tiga bagian.
Pertama, otak reptil. Ini adalah otak tertua kita.
Kedua, otak mamalia. Ini adalah otak yang lebih muda dibandingkan reptil.
Ketiga, otak manusia. Ini adalah otak yang paling muda dibandingkan kedua otak sebelumnya.
Satu hal yang dapat kita ambil dari evolusi otak ini adalah: bila kita tidak merasa nyaman dengan boss atau guru kita, maka otak kita akan "membeku." Dia tidak akan dapat bekerja optimal. Entah untuk berpikir atau untuk belajar.
Aturan #3
WIRING - Setiap otak dihubungkan dengan secara berbeda.
Pada saat memelajari sesuatu, sel-sel saraf di otak akan terhubung satu sama lain. Setiap pembelajaran dan pengalaman akan mengubah susunan jaringan saraf di dalam otak kita. Menariknya, tidak ada dua orang yang memiliki susunan jaringan saraf yang sama meskipun memelajari dan mengalami hal yang sama. Ini yang membuat setiap orang memiliki kepribadian, kecerdasan dan kemampuan yang berbeda-beda. Setiap orang unik, karena hubungan dan susunan sel saraf di dalam otaknya unik.
Maka, perlakukan seseorang sesuai keunikannya. Berusahalah untuk memahami mereka sebelum kita minta dipahami oleh mereka.
Aturan #4
ATENTION - Kita tidak memberikan perhatian pada hal-hal yang membosankan.
Otak hanya bisa memberikan perhatian pada satu hal satu waktu. Otak tidak bisa melakukan multitasking, pada saat multitasking sebenarnya otak memindahkan perhatiannnya dari satu hal ke hal lainnya. Akibatnya, waktu yang digunakan untuk multitasking lebih banyak daripada saat kita melakukannya dengan single tasking.
Kita lebih hebat dalam mengamati pola dan mengabstraksi makna sebuah peristiwa daripada mengingat detailnya. Otak memberikan perhatian khusus pada hal yang emosional, mengancam jiwa, dan terkait seks. Audiens kita (murid, anak, siapapun yang mendengarkan kita) akan bosan dalam 10 menit. Namun kita dapat mempertahankan perhatian mereka dengan menuturkan cerita dan menciptakan pengalaman kaya emosi.
Aturan #5
SHORT-TERM MEMORY - Ulangi untuk mengingat.
Sebelum masuk ke memori jangka panjang, informasi akan disimpan terlebih dulu di memori jangka pendek. Namun, tidak semua memori yang tersimpan di memori jangka pendek akan diteruskan ke memori jangka panjang. Sebagian akan dibuang dan dilupakan.
Pada saat menyerap informasi, otak akan langsung memecah informasi tersebut menjadi kepingan-kepingan dan mengirimkannya ke berbagai wilayah di korteks kita untuk disimpan.
Kunci mengingat lebih banyak adalah dengan "ngulik" pada saat kita pertama kali menyerap informasi. Kita juga dapat melatih ingatan kita pada saat menyerap informasi pertama kali dengan mengulang-ulangnya. Pengantar yang memikat, konteks yang sudah dikenal dan analogi akan memudahkan audiens untuk mengingat pesan kita.
Aturan #6
LONG-TERM MEMORY - Ingatlah untuk mengulang.
Memerlukan waktu panjang untuk mengonsolidasi sebuah memori (baca: membuat memori jadi permanen). Bukan harian, mingguan atau bulanan, melainkan tahunan. Kuncinya adalah pengulangan. Semakin sering informasi diulang, semakin menetaplah informasi tersebut di dalam memori kita.
Memori jangka panjang terbentuk dalam hubungan dua arah antara hippocampus dan korteks. Memori akan menempel di korteks setelah bertahun-tahun mereka berinteraksi hingga akhirnya hippocampus "menceraikan" hubungan ini.
Otak tidak menyimpan fakta/realita apa adanya karena otak mencampuradukkan pengetahuan baru dengan memori masa lalu.
Memori jangka panjang akan terbentuk bila kita memasukkan informasi secara bertahap dan mengulanginya dalam jeda yang terpola waktunya.
Aturan #7
SLEEP - Tidur baik, berpikir pun baik
Tidur bermanfaat bagi otak. Kurang tidur menyebabkan kemampuan berpikir manusia berkurang, daya tangkap melemah dan emosi tdk stabil. Sisi lain, kurang tidur juga menyebabkan penuaan dini.
Saat tidur, otak tidak tidur. Otak justru bekerja keras mengolah informasi yg diserap sebelumnya.
Kebutuhan tidur setiap orang berbeda-beda. Pola tidurnya pun berbeda-beda. Secara umum diyakini kebutuhan tidur orang dewasa antara 6-8 jam per hari.
Tidur siang adalah kebutuhan alamiah. Aktivitas ini sangat dianjurkan. Tidur siang 30 menit meningkatkan produktivitas dan kemampuan berpikir.
Saat menghadapi permasalahan yg sulit diselesaikan dalam bisnis, tidurlah. Saat tidur, otak akan mencari dan menemukan solusi yg tepat.
Aturan #8
STRESS - Otak yang tertekan tidak belajar dg cara yg sama
Otak kita didesain hanya mampu bertahan terhadap serangan stress selama 30 detik. Stress yg berkepanjangan membahayakan otak kita. Boss yg buruk dan masalah pernikahan berkontribusi terhadap stress yg berkepanjangan.
Jenis stress terburuk adalah perasaan bahwa Anda tidak memiliki kendali terhadap permasalahan yg ada. Obat dari stress ini adalah optimisme.
Stess merusak fungsi memori dan pengambilan keputusan di otak. Stress dalam jangka panjang juga merusak sistem imun, menyebabkan insomnia dan depresi.
Stress yg kronis akan melukai jalan darah Anda dan dapat mengakibatkan serangan jantung atau stroke.
Kita hanya memiliki satu otak. Stress yg Anda alami di rumah akan memengaruhi kinerja Anda di sekolah atau di tempat kerja.
Kestablian emosi di rumah adalah kunci kesuksesan akademik anak-anak. Pertengkaran orangtua akan mengganggu kestabilan emosi anak dan berpotensi membuat anak gagal secara akademik.
Aturan #9
SENSORY INTEGRATION - Rangsanglah lebih banyak indera
Kita menyerap informasi dari luar kita melalui indera kita. Prosesnya terjadi dalam tiga tahap:
1. Sensasi: penyerapan informasi melalui panca indera.
2. Routing: kita mengubah informasi dari luar (gambar, suara, rasa) menjadi sinyal-sinyal listrik, memecahnya menjadi beberapa bagian, lalu meneruskannya ke berbagai bagian otak kita.
3. Persepsi: otak merekonstruksi (menggabungkan ulang) dan memahami informasi yang diterima dari indera.
Saat melakukan rekonstruksi, otak mengandalkan pengalaman masa lalunya. Sehingga dua orang yang sama dapat mempersepsikan sesuatu dengan cara yang berbeda.
Indera diciptakan untuk bekerjasama dengan indera lainnya. Informasi yang diserap melalui lebih dari satu indera lebih mudah diingat dan dipahami. Belajar akan lebih efektif bila melibatkan berbagai indera.
Indera penciuman memiliki rute yang berbeda saat masuk ke dalam otak. Bila indera lain harus melalui talamus terlebih dulu, informasi dari indera penciuman (bebauan) melompati talamus dan langsung menuju amygdala (bagian otak yg memicu emosi). Dengan demikian, bebauan/aroma lebih cepat memicu perasaan tertentu daripada media informasi lainnya. Itulah sebabnya, pegawai Starbuck dilarang menggunakan parfum. Parfum yang mereka gunakan akan mengganggu aroma kopi yang dihidangkan dan menghilangkan sensasi para penikmat kopi.
Aturan #10
VISION - Indera penglihatan melampaui indera lainnya.
Kita melihat dengan otak kita, bukan dengan mata kita. Mata kita hanya melihat yang otak beritahukan. Apa yang kita lihat tidak selalu akurat.
Indera penglihatan menyerap separuh dari sumber daya otak kita.
Kita hanya mengingat 10% informasi yang kita dengar tiga hari yang lalu, namun kita dapat mengingat 65% informasi yang kita lihat tiga hari yang lalu.
Satu gambar bernilai seribu kata adalah benar. Ada istilah PSE - Pictorial Superiority Effect. Semakin visual inputnya, semakin mudah informasi tersebut dikenal dan diingat.
Slide Powerpoint berbasis teks sangatlah tidak efektif. Otak audiens akan lelah membaca slide yang penuh dengan teks. Alternatifnya, gunakan kata kunci dan gambar di slide Anda.
Aturan #11
GENDER – Otak pria dan wanita berbeda.
Pria cenderung lebih mudah terkena schizophrenia dibanding wanita. Wanita cenderung lebih mudah terkena depresi dibanding pria, perbandingannnya 2 banding 1. Pria cenderung menunjukkan perilaku antisosial, wanita cenderung lebih mudah mengalami kecemasan.
Secara struktur dan biokimiawi otak, pria dan wanita berbeda. Amygdala pada pria berukuran lebih besar, pria juga memproduksi sertotonin lebih cepat.
Saat menghadapi stress akut, wanita mengaktifkan amygdala belahan kiri yang mengingat detail emosional, sementara pria mengaktifkan amygdala belahan kanan yang mengingat gambaran umumnya.
Emosi itu berguna. Emosi membuat otak menaruh perhatian. Pria dan wanita mengolah emosi secara berbeda. Perbedaan itu adalah produk dari interaksi rumit antara bawaan dan lingkungan.
Aturan #12
EXPLORATION – Kita adalah penjelajah yang kuat dan alami.
Cara belajar paling alamiah manusia adalah cara belajar saat bayi. Bayi tidak belajar secara pasif terhadap lingkungan. Bayi belajar secara aktif melalui observasi, hipotesis, eksperimen, dan konklusi.
Kita dapat mengenali dan meniru perilaku karena adalanya sel mirror-neuron yang tersebar di seluruh otak.
Beberapa bagian dari otak kita tetap lentur seperti bagian otak bayi. Ini memungkinkan kita menciptakan jaringan saraf baru dan mempelajari hal-hal baru sepanjang hayat.
Apple pun pernah UKM
Kalau anda ingin mahir memasak, anda ingin belajar ke siapakah?
Chef Juna atau om Tukul?
🤔
Tentu saja ke chef Juna.
Karena belajar dari ahlinya mempercepat proses pembelajaran.
Maka belajarlah kepada orang yang sudah sampai di tujuan yang ingin dicapai
Begitu pula jika anda ingin mengembangkan bisnis & brand anda
Belajarlah dari brand-brand yang sudah berada TOP BRAND DUNIA.
Siapakah mereka?
Interbrand.com membuat daftar brand dengan valuasi tertinggi dunia. Dan berikut daftarnya
1| Apple
2| Google
3| Coca Cola
Valuasi brand Apple mencapai US$ 178 Juta.
BUANG JAUH DARI KEPALA
Kebanyakan berpikir Apple nomer satu adalah karena mahalnya harga produk atau juga ada yang berpendapat karena Apple itu prestige.
Jika urutan diatas menceritakan harga & prestige, seharusnya TAS HERMES (No. 34) yang menjadi nomer 1 dong.. Bahkan google pun harusnya nomer paling akhir, bahkan tidak masuk daftar ini karena GOOGLE hampir kesemuanya GRATIS.
Terus apa dong?
Dikelas GBC sudah sering saya menceritakannya... Pada kesempatan ini tidak perlu diulang lagi ya...
"Mas Dodi... daftar diatas adalah brand-brand kelas dunia. kalau kita-kita khan masih UKM. Ada enggak brand besar kelas dunia tetapi UKM juga?" Banyak yang bertanya...
hmmmm... pertanyaan yang membuat saya pusing..
Kabar buruknya "TIDAK ADA....!!!!"
Namun saya juga membawa kabar baik, brand-brand kelas dunia seperti Apple & Google pun pernah UKM.
Mereka memulainya dari sini loh.
Apa yang membuat UKM seperti mereka dapat membesar hingga menjadi brand kelas dunia?
Modal? Saya pikir mereka tidak memulainya dengan modal yang besar & berlimpah.
Lantas apa dong?
Setelah saya mempelajari kisah founder Apple, Steve Job. Dan juga founder-founder brand dunia lainnya. Ada kemiripan satu dengan yang lainnya.
Yaitu... mereka memilik LEADERSHIP yang luar biasa
Mereka berani mengambil keputusan-keputusan berat yang sangat menentukan.
Steve Job pernah dipecat dari Apple, sebuah perusahaan yang didirikan. Demi berpegang pada idealisme. Itulah Leadership.
Apa yang terjadi pada Apple hari ini adalah buah dari benih yang ditabur puluhan tahun lalu.
Mentor bisnis saya mengajarkan, dalam membuat bisnis plan minimal mencakup 3 strategi : Strategi Pertama adalah menaikkan sales, Strategi kedua menurunkan cost, Strategi ketiga adalah meningkatkan business capability.
Setelah saya melakukan analisa dari macro environment, market environment dan internal capabilities dari bisnis saya NEYMA Brand+Identity, konsentrasi strategi saya di 2018 20% berkaitan dengan menaikkan Sales, 10% berkaitan dengan menurunkan cost dan 70% berkaitan dengan meningkatkan business capability.
TIPS MEMILIH MITRA BISNIS
Seorang yang pernah ikut pelatihan saya, meminta saya menjadi penengah perselihan dengan mitra bisnisnya. Mereka rupanya berselisih tentang pembagian kerja yang dirasa tidak adil, yang satu masih kerja sementara yang satu lagi fokus dan berjibaku sendiri jalanin bisnis. Yang kerja ini tidak mau disalahkan, karena 80% klien yang datang adalah dari relasinya baik dari teman kerjanya maupun dari klien tempat bekerjanya.
Kasus diatas adalah kasus klasik dalam bisnis, kita orang indonesia cenderung serba “gak enak” membicarakan skema kerja, pembagian keuntungan ataupun kerugian serta gaya kerja diawal sebelum bisnis dilakukan
Kebanyakan kita memilih teman dekat ataupun teman yang sering jalan untuk bisnis bareng dan hasilnya sering malah amburadul, karena gaya pertemanan dibawa masuk dalam gaya berbisnis. Akhirnya pertemanan ikut bermasalah saat bisnisnya bermasalah.
Memilih mitra bisnis sebenarnya sama seperti memilih pasangan hidup, ada seleksi dan kriteria, karena kita sedang memilih pasangan untuk mengerja mimpi bersama. Jadi tidak bisa dipilih orang yang hanya berbisnis atas dasar kesamaan hoby ataupun kesamaan kepentingan saja, ada variabel lain yang perlu dipertimbangkan.
Yang saya maksud dengan mitra bisnis disini adalah mereka yang kita ajak masuk sebagai pemegang saham perusahaan , baik saham karena mitra menyetor dana dalam perusahaan yang kecil (bukan sahma di bursa) ataupun tenaga maupun keahlian. Mitra ini yang kita ajak bersama mengelola perusahaan
Dibawah ini saya tuliskan tips memilih mitra bisnis yang baik, yang saya singkat dengan 10 K
1. Kredibiltas, latar belakang mitra dalam bisnis yang akan dijalankan, bagaimana hubungan mitra dengan supplier dan berbagai jaringan yang terhubung dengan bisnis yang akan dijalankan. Juga kompetensi mitra tentang keahlianya, bila kita mengajak bermitra, karena kita perlu kompetensi ilmunya
2. Kesamaan visi dan misi, sebelum memulai perlu duduk bersama, jelaskan secara detil bagaimana mimpi perusahaan dan apa yang perlu dilakukan serta konsukwensi apa yang timbul pada manajemen bila ingin mewujudkan mimpi perusahaan. Pastikan mimpi ini dimengerti dan dipahami komitmen bermitra, bila merasa tidak nyaman dan tidak ada titik temu terutama mengenai konsukwensi mewujudkan visi dan misi, lebih bagus tidak perlu jadi mitra
3. Keselarasan gaya, tiap kita punya gaya kerja berbeda dan ini perlu dibicarakan, tidak perlu kita mencari orang yang sama gaya tapi pemahaman akan gaya masing masing orang yang tergabung dalam perusahaan perlu dipahami. Saya dengan mitra adalah dua orang berbeda dalam gaya, satu sangat “operation based” dan mewajibkan karyawan bekerja dari jam 09-17 ada atau tidak ada kegiatan. Sementara saya tye orang yang “dead line based” jadi gak perduli karyawan santai or tidak, yang penting target kerja tercapai. Dengan kondisi ini, kita membagi kerja teman saya memimpin operasional dan saya membuat rencana, nego dengan klien, presentasi dll. Kembali bila dirasa gaya ini malah menimbulkan permasalahan dalam bisnis, lebih bagus tidak perlu bermitra
4. Kontribusi, jelaskan dari awal skema kontribusi saham dan prosesntasenya. Ini perlu jelas bila mitra tidak setor dana, tapi kita membutuhkan pengalaman dan relasi bisnisnya maka perlu kita jelaskan setara berapa saham mitra dan bagaimana cara pembagian keuntunngan
5. Kualitas Komunikasi, pastikan kita nyaman berkomunikasi dengan mitra, kita bisa lepas berkomunikasi secara profesional dan tanpa konsukwensi apapun selain hanya bisnis. Hal ini yang sering sulit dilakukan pada saudara, teman apalagi mertua. Bila kita merasa tidak nyaman berkomunikasi, lebih baik tidak usah bermitra.
6. Kejelasan posisi, jelasakan posisi masing-masing, dalam kegiatan bisnis sehari-hari. Ini perlu dijelaskan dari awal sebelum bisnis dilakukan, agar tidak ada lagi kesenjangan alur kerja. Terutama bila mitra kita masih bekerja ataupun mempunyai bisnis lain, pastikan ini tidak mengganggu alur kegiatan bisnis. Saya menyarankan walau perusahaan kecil, tetap dibuat struktur organisasi dan job decription, lakukan dalam skema PT ataupun CV, walaupun usaha yang dijalankan belum punya badan hukum
7. Kepercayaan, Yang dimaksud disini adalah hal-hal yang menyangkut keuangan, yang perlu ada aturan main yang jelas sehingga tidak sembarangan tiap kita meminta uang pada bagian keuangan. Tentukan bagaimana alur keuangan, kas kecil, laporan penggunaan uang dan berbagai lainya.
8. Komitmen, sebelum jalankan bisnis dalam jangka panjang, saya menyarankan untuk mengerjakan 1-3 projek jangka pendek dan check bagaimana keseriusan mitra dalam menjalankan bisnis nya. Dalam projek ini juga, kita bisa check cara berkomunikas, gaya kerja dll dan ini jadi penentu apakah akan dilanjutkan dalam jangka panjang ataupun tidak
9. Kestabilan bisnis, ini terlihat sederhana tapi fatal. Kita perlu check kestabilan mitra kita secara mental, apakah saat ada masalah dlm hidup pengaruhnya besar dalam sikap berbisnisnya termasuk jaringan yang dimiliki. Seorang klien saya, pernah hancur bisnisnya karena mengandalkan mitranya yang punya jaringan luas, tapi semua jaringan itu dari para saudara istrinya. Dan ini menjadi masalah, ketika mitra ini punya masalah dengan istrinya. Juga bermasalah ketika mitra kita mudah menyerah ataupun sangat terganggu bila punya masalah pribadi, akibatnya bermasalah pada perusahaan
10. Kesepakatan tertulis, pastikan mitra kita mengerti dan mau memembuat semua kesepakatan ini secara tertulis dan ditanda tangani bersama saksi. Beberapa klien malas melakukan ini, bahkan sebagian mitra tidak mau menanda tangani secara tertulis. Bila ini terjadi, lebih bagus tidak perlu bermitra.
Lalu bagaimana bila kita tidak menemukan mitra ideal seperti 10K tapi kita membutuhkanya untuk kelangsungan bisnis , saran saya lakukan business by project, atau bisnis jangka pendek dengan durasi tidak lebih dari 8 minggu atau sifatnya freelancer atau jadi mitra eksternal seperti distributor, agen, konsultan dll
Have a barrakah day
Sumber Channel
t.me/ChannelBerbagiManfaat
Tidak ada komentar:
Posting Komentar