Rabu, 05 Februari 2020

5 AM BLUEPRINT

Bismillah

5 AM Blueprint adalah sebuah sistem untuk mewujudkan tujuan apapun. Sistem ini diawali dg kunci kesuksesan utama: bangun lebih awal.

Berikut detail sistemnya.

1. Grandest Goal

Tetapkan tujuan terbesar Anda terlebih dulu. Tujuan yg menarik dan ambisius. Tujuan yg menggerakkan jiwa Anda. Ini adalah pondasi dari sistem ini.

Mulai dengan membuat Rencana Optimasi Diri terlebih dulu dg menjawab pertanyaan berikut ini:
- Seperti apakah versi terbaik dari diri Anda?
- Apa yg Anda lakukan?
- Siapa saja yg ada di sekeliling Anda?
- Aktivitas/pekerjaan apa yg menggairahkan Anda?
- Apa yg Anda lakukan ketika segala sesuatu berjalan dg baik?

Sekarang, bayangkan segala sesuatu mungkin bagi Anda lalu buatlah, Daftar Tujuan Terbesar Anda. Bermimpilah seperti anak kecil, tulis sebanyak-banyaknya tujuan yg ingin Anda capai secara personal maupun profesional.

2. Quarter System

Perencanaan jangka panjang tidak begitu efektif karena minim urgensi, minim keterdesakan. Maka, lupakan perencanaan tahunan. Sebagai gantinya, gunakan perencanaan triwulan.

- Pilih 2-3 Grandest Goal Anda
- Break down ke dalam langkah-langkah tindakan
- Siapkan buku khusus utk mencatat kemajuan Anda
- Lakukan tinjauan pekanan utk memastikan Anda on the track

3. Anchor Habit

Kebiasaan Anda menentukan apakah tujuan Anda tercapai atau tidak. Tanpa kebiasaan yg tepat, tujuan Anda hanya akan menjadi mimpi indah. Utk membuatnya nyata Anda perlu memiliki kebiasaan sehat dan produktif.

Anchor habit adalah kebiasaan inti yg akan memudahkan Anda membentuk kebiasaan-kebiasaan baik lainnya.

Ada tiga Anchor Habit yg perlu Anda ciptakan.

1. Bangun pagi lebih awal. Ini akan berimbas pada kebiasaan lain di pagi hari: meditasi, membaca, menulis dsb.
2. Berolahraga. Ini akan berimbas pada kebiasaan menyehatkan lainnya: sarapan sehat dan mandi sebelum bekerja misalnya.
3. Kerja terfokus. Mulai jam kerja Anda dengan kerja terfokus. Kerja tanpa distraksi yg berdampak besar pada pencapaian tujuan Anda.

4. Rutinitas Pagi

Cara terbaik utk memaksimalkan waktu pagi adalah dengan mendesain rutinitas pagi - serangkaian aktivitas yg Anda lakukan berulang-ulang.

Namun sebelumnya, Anda perlu mendesain Pekan Ideal Anda. Sebuah gambaran umum tentang bagaimana Anda akan menghabiskan satu pekan Anda.

- Buat template jadwal pekanan Anda menggunakan excell atau google calendar.
- Ciptakan blok-blok waktu utk berbagai kategori aktivitas Anda (rutinitas pagi, proyek prioritas dsb). Lihat gambar di bawah ini sbg contoh.
- Masukkan "batu besar" Anda terlebih dulu. Jadwalkan aktivitas berdampak besar Anda.
- Masukkan "batu-batu kecil" di antara "batu besar."
- Tinjau template Anda setiap pekan.

Setelah menciptakan pekan ideal, barulah Anda rancang rutinitas pagi Anda. Idealnya, gunakan rutinitas pagi utk mendongkrak energi dan fokus Anda. Jangan lupa selaraskan rutinitas pagi dengan grandest goal Anda.

Contoh rutinitas pagi:
1. Bangun tidur
2. Minum 1 gelas
3. Buang air kecil dan gosok gigi
4. Meditasi/shalat/berdo'a
5. Olahraga
6. Membaca/menulis
7. Mandi

Aktivitas rutin yg dilakukan utk menutup hari, untuk berpindah dari mode kerja ke mode istirahat. Ini penting, krn membantu kita utk bangun pagi dengan bugar dan fokus keesokan harinya. Rutinitas yg disarankan:

1. Tetapkan batasan. Jam berapa Anda berhenti dari pekerjaan secara total. Jangan bawa pekerjaan kantor ke rumah.
2. Tinjau tugas2 Anda hari ini. Apakah semua tertunaikan?
3. Jauhkan semua hal terkait pekerjaan.
4. Atur alarm utk esok hari.
5. Matikan semua layar.
6. Baca buku fiksi.
7. Ciptakan lingkungan yg nyaman utk tidur (suhu yg adem, suasana gelap, kasur yg nyaman)

5. Strategi Produktivitas

Menerapkan strategi produktivitas akan meningkatkan efisiensi dalam bekerja. Ada 3 strategi yg dapat diterapkan.

Pertama, konsolidasi.
- kumpulkan tugas, proyek, dan acara dalam satu tempat. Misal: aplikasi task management (nozbe, tick tick, wunderlist dsb)
- kumpulkan dokumen, file, folder dalam satu tempat. Berbasis cloud lebih baik. Misal: Google Drive, Dropbox dsb.
- Kumpulkan artikel, catatan dan ide dalam satu tempat. Misal: evernote, onenote dsb.
Menyimpan segala sesuatu di satu tempat membuat segala dalam kendali Anda. Anda pun terbebas dari rasa khawatir dan takut kehilangan.

Kedua, fokus.
- Jadwalkan blok waktu khusus utk bekerja.
- Lindungi diri dari distraksi.
- Terapkan singletasking, alih-alih multitasking.

Ketiga, equilibrium zero.
- Inbox zero. Kosongkan email inbox Anda secara teratur.
- Project Management Zero. Tuntaskan satu tugas sebelum beralih ke tugas lainnya.
- Desktop Zero. Pastikan meja kerja Anda bersih setelah selesai bekerja.
- Home base Zero. Buang segala hal yg tdk diperlukan dari kantor/rumah Anda setiap hari.

6. Melacak Kemajuan

Melacak kemajuan itu penting. Ini membuat Anda akuntabel - bertanggungjawab terhadap apa yg Anda lakukan.

Proses pelacakan dilakukan melalui tinjauan/review rutin:
1. Tinjauan harian
- di sore hari, ceklis kebiasaan yg sudah Anda lakukan
2. Tinjauan pekanan
- apa yg sudah baik?
- apa yg perlu diperbaiki?
- bagaimana Anda akan memperbaikinya?
3. Tinjauan bulanan
4. Tinjauan triwulanan
5. Tinjauan tahunan

Selain proses review, ada baiknya pula Anda mengatur Weekly Accountability Meeting dg partner/coach Anda. Di sana Anda dapat diskusikan:
- Apa yg sudah baik?
- Apa yg kurang baik?
- Bagaimana Anda akan memperbaikinya?
- Insight apa yg Anda dapatkan sepekan ini?
- Apa goal utk pekan depan?
- Bagaimana Anda akan mengembangkan diri sepekan ini? Buku apa yg akan Anda baca? Kursus apa yg akan Anda ikuti?
- Bagaimana Anda akan menajamkan skill Anda? Skill apa yg akan Anda latih sepekan ke depan?

7. Strategi Lanjutan

Ini adalah beberapa strategi tambahan utk meningkatkan produktivitas dan mengoptimalkan kesehatan. Karena bersifat tambahan, sy tdk akan bahas lebih detail.

Contoh dari penulis:
- Jadwalkan waktu khusus utk berpikir.
- Pilih jenis musik yg meningkatkan fokus utk mengiringi kerja Anda.
- Gunakan standing desk - meja kerja berdiri - utk mengurangi jumlah duduk Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar