_*"MENGAPA KITA HIDUP DIDUNIA HARUS KAYA?"*_
_Karena jika kita kaya dan banyak uang, maka dengan uang kita bisa berinfaq, dengan uang kita bisa bersedekah, dengan uang kita bisa membangun Masjid, dan dengan uang pula kita bisa *menolong kepada sesama yang hidupnya masih kekurangan*_
_Dan ternyata... *uang bisa dibawa mati* ... yaitu dengan cara dititipkan kepada: anak yatim, fakir miskin, dan kaum dhua'fa._
_Firman Allah_
_*"shalat, puasa, dan dzikir, adalah ibadah yang baik, tapi semata mata hanya baik untuk dirimu sendiri...."*__
_... *"ibadah yang sangat AKU senangi adalah sedekah, infaq dan zakat, serta PERBUATAN BAIKMU,... karena disaat orang yang kamu beri bantuan merasa bahagia, AKU ada disampingnya,*_
_*..."dan AKU akan membalas perbutanmu itu dengan ganjaran pahala 700 kali lipat...700 kali lipat*_
_Kaya adalah suatu keharusan karena Allah memerintahkan kepada kita,_
_*"Akan lebih baik hidupmu kaya, dan janganlah kamu tinggalkan anak-anak kamu dalam keadaan miskin, karena akan menjadi beban orang lain"*(Hadits Bukhari muslim)._
_*Mengapa hidup kita miskin?....*_
_Mungkin karena Ustad2 kita bukanlah orang2 yang berkecupan dalam materi, bahkan sebagian besar hidupnya masih banyak yang kekurangan,..._
_... mereka tidak berani menyuruh atau mengajarkan kepada kita untuk menjadi orang kaya, .... bahkan menempatkan orang miskin, seolah-olah muliya dihadapan Allah,_
_...sering kita dengar slogan2 *urip ning alam dunyo ojok ngoyo2,... alon2 asal klakon,... syukuri apa adanya*...._
_....ya memang slogan itu tidak salah....tapi kalau kita tidak cerdas dalam menyikapinya, maka kita akan tersesat,_
_.... karena kalau kita tidak bisa menempatkan sesuai dg tujuannya, slogan semacam itu bisa melemahkan *semangat* dan *etos kerja* kita, yang masih menjalani kehidupan didunia,_
_...mungkinkah dalil2 yang yang terkait dengan perintah menjadi orang kaya disembunyikan?..._
_Itulah realita pendidikan yang selama ini kita terima, sejak dari TK sampai Perguruan tinggi...._
_....sehingga sebagian terbesar Umat Islam di Indonesia terdiri dari orang2 miskin..._
_*Wallahu A'lam Bisyawab*_
π
_Sebenarnya, mau kaya atau miskin, semuanya tergantung kepada kita sendiri,_
_*Allah Maha Kaya,... Allah Maha Pemurah,... Allah Maha Pemberi Rejeki,*..._
_Allah sudah siapkan semuanya,... kita tinggal minta kepadaNYA ...._
_Allah akan penuhi apapun permintaan kita,_
_*"...'Ud'uNi...Astajib Lakum..."*_
_...."berdo'alah kepadaKU... maka AKU kabulkan..."_
_Allah sudah membekali modal kepada kita, berupa sesuatu yang *sangat tinggi nilainya*, dan sesuatu itu *sangat menentukan* dalam kehidupan kita, baik didunia maupun diakhirat,_
_Sesuatu itu adalah : *"OTAK"* atau *"PIKIRAN"*_
_Semua bersumber dari *"pikiran"*...apapun yang kita *pikirkan*, baik positip maupun negatip, semuanya akan menjadi kenyataan,_
_*"Allah menurut prasangka hambaNYA, jika ia berprasangka baik maka Allah akan baik, dan jika ia berprasangka sebaliknya, maka itulah yang akan terjadi"*_
_(Hadis Qudsi)._
_Kita ini manusia biasa, bukan Malaikat, bukan Nabi atau Rasul yang punya mukjizat, dan juga bukan Ulama yang tingkat ketakwaannya tinggi, yang juga punya karomah_
_....kita masih sangat *terikat* dengan *Sunatullah* atau *Hukum2 Alam Semesta*... system ciptaan Tuhan yang permanen, yang berjalan dengan sempurna sesuai kehendak Tuhan, *Allah Subhanahu Wata'ala*_
_Salah satu contoh hukum alam, misalnya *Hukum Gravitasi....*_
_....jika kita berada diatas Menara atau Gedung yang tinggi......_
_coba kita tantang ketetapan Allah..._
_....silahkan *melawan hukum alam* dengan mencoba terbang melayang dari atas Menara..._
_....maka yang terjadi pasti *gedebug!*..._
_kita terkapar diatas permukaan tanah, dalam kondisi yang sangat mengenaskan_
ππ
_*Jika kita ingin sukses dalam kehidupan, banyak pilihan yang bisa kita ambil, ....*_
Salam Sukses OtomatisππΌπ€π»
Serba serbi...
" Ngeri Ahh... bisnis Network banyak yang gagal "
Pernah mendengar tanggapan serupa??
Apa jawabannya...?
Jawabnya adalah BENARR......
Di bisnis Networking banyaaaaak sekali yang gagal.
Tapi....
Bisnis Konvensional, jauuuh lebiih banyak yang Gagal.
Anda mungkin jarang memperhatikan, penjual bakso yang kemudian hilang entah kemana, pedagang somay yang mundur teratur, supermarket yang semakin lama semakin sepii, pedagang A pindah menjadi dagang B lalu pindah lagi menjadi dagang C.
Kalau lah semua bisnis pasti berhasil.
Semua orang sudah kaya rayaaa...
Di bisnis konvensional justru lebih beresiko, mereka menciptakan sistem sendiri, membuat branding sendiri, merencanakan segala sesuatu dari 0.
Maka potensi kesuksesan pun jadi hanya 3%
Artinya dari 100 pebisnis konvensional yang sukses hanya 3.
Dan semua resiko dan kerugian pun di tanggung sendiri
Di bisnis Networking, Anda berbisnis dengan sistem yang sudah di sediakan, Branding di lakukan secara jamaah, ada pelatihan dari perusahaan dan Leader2 secara gratis yang akan membuat tingkat keberhasilan agen/ distributor menjadi besar..
Sekitar 10%
Artinya dari 100 mitra, akan ada 10 orang yang sukses.
Dan Potensi Penghasilannya Jauuuuh lebih Besar daripada Konvensional.
Nah... yang menjadi permasalahannya adalah di diri Anda....
Anda mau pilih yang potensinya 3% atau 10%
Karena keduanya sama2 beresiko.
Kalau pilih yang potensi 10%..
Mau jadi yang Gagal atau yang Sukses??
Loh kok gitu mas ???
Yaa... karena TIDAK ADA orang yang GAGAL di bisnis Network, yang ada hanyalah orang yang TERLALU CEPAT BERHENTI sebelum sampai ke tujuan.
Gagal atau Sukses adalah Pilihan
Salam AMWAY. Tersenyum dan bahagia bersama, jangan ragu segera beraksi, kesuksesan bersama yg akan membahagiakan kita semua . . . .
*"KOK BARU SEKARANG SAYA TAHU YA"*
Catatan dr. Sigit Setyawadi
Selama puluhan tahun saya ikut seminar, belum pernah melihat seminar yg sedahsyat Seminar Inspirasi dan Visi dalam mengubah pola pikir seseorang.
Awal ikut dipaksa anak mbarep saya yang saat itu kuliah di Jakarta yang memaksa saya dan mengatakan bahwa saya memerlukan seminar ini. Selama 2 bulan lebih dia mengajak saya dan baru berhasil.
Kemudian peran berganti, saya yg mulai mengajak orang. Awalnya saya malu mengajak orang, gengsi, jangan jangan saya dikira dapat bathi atau untung kalau mengajak orang. Mungkin yang saya ajak mengira saya dapat bonus jika mengajak orang. Kok pak dokter ngotot bener ngajak saya ? Dapat untung berapa ya ? Padahal nggak sepeser pun dari panitia atau dari manapun. Tetapi saya percaya, jika saya bisa menyukseskan banyak orang, saya akan jauh lebih sukses. Janji Allah itu saja yg saya pegang.
Tetapi seiring waktu, saya melihat pola pikir yang
berubah dari mereka yg membuat saya merasa puas. Apalagi mendengar komentar beberapa teman yang usianya kisaran saya, mengatakan hal yang sama dengan saya dulu _:"Kok baru sekarang ya saya tahu ada hal hal begini ? Kalau saja sejak dulu dulu . . . ."_ Dan itu diucapkan oleh seorang Satpam yang masih muda sampai seorang profesor yang sudah sepuh. Semuanya sama, merasa terlambat hadir di Seminar Inspirasi dan Visi.
Setelah hadir di SIV terus ngapain ? Ya terserah Anda. Anda sudah tahu tujuan hidup yg bisa Anda capai yg ditunjukkan di SIV. Cara cara mencapainya yang dilakukan setiap pembicara juga berbeda. Anda tinggal bekerja untuk mencapainya meniru mereka atau mencari cara sendiri. Mau mengikuti cara saya ya silahkan. Anda bebas seperti Anda bebas keluar masuk di grup WA ini.
Yang jelas dunia sudah berubah, cara bekerja dan mencari uang sudah berubah. Bidang pekerjaan yg dulu sangat menjanjikan seperti bank sekarang sudah berubah. Toko nanti tanpa pelayan, bank tanpa kasir atau customer service, gerbang tol hanya dijaga sebuah monitor. Dokter suatu saat mungkin tidak dibutuhkan lagi. Pasien masuk tabung dan keluar sudah sembuh.
Dunia sudah berubah, kitapun juga harus mau berubah. Pimpinlah diri Anda menuju perubahan. Tujuan Anda akan ditunjukkan di SIV.
Mungkin satu kali hadir Anda bisa tahu pasti tujuan hidup Anda. Anda beruntung dapat *magic moment*. Sebuah ledakan dahsyat di kepala Anda yg menghasilkan pencerahan. Bisa juga perlu beberapa kali hadir baru ngeh. Yang penting mulailah mengambil langkah.
Anda cuma tinggal memutuskan mau memulainya sekarang, atau menunggu diajak anak Anda belasan tahun lagi. Atau diajak cucu Anda puluhan tahun lagi. Kemudian Anda memberi komentar seperti saya dan teman teman itu _:"Kok baaaruuu sekaraaang *embah tahuu* yang gini giniii ini ya leee ?. Coba duluuu duluuu kan enaaak ?"_
Saya sangat menginginkan Anda semua bisa sukses dalam waktu yg cepat. Tapi semua kembali pada diri Anda sendiri .
Selamat belajar dan selamat berproses.
Semoga Alloh selalu paring manfaat dan barokah.
Terima kasih.
πππππππππ
*SELAMAT DATANG DI BISNIS AMWAY*
Selamat bergabung di keluarga besarnya Amway.
Kepada
*Bapak SYAHRUL HADI dari Cikarang Bekasi*
Selamat.. anda telah membuat keputusan yang tepat. Saya senang dan bangga Anda telah bergabung di group kami group internal *FOUDERS CROWN AMBASSADOR ACADEMY & MEWUJUDKAN PASIF INCOME Rp.100.000.000,-/BULAN*
Di sini banyak orang-orang hebat yg siap membantu dan saling support, sharing untuk berbagi tips dan trik mudahnya menjalankan bisnis ini.
Di asuh oleh bapak mentor kita yang hebat dan luar biasa Bapak *dr. SIGIT SETYAWADI, Sp.OG*
*Salam Sukses Otomatis*
MENGELOLA GRUP BTD:
PENDAHULUAN
Amway cara KCFS/MSO merupakan terobosan terbaru dalam bidang networking yang belum pernah ada.
Ditemukan dan dirintis mentor kita dr. Sigit Setyawadi . Grup BTD dimulai sekitar April 2017. Sebelumnya sudah diadakan pembelajaran kecerdasan keuangan untuk komunitas petani.
Menjalabkan bisnis networking cara lama dengan cara orang diajak join Amway dulu, baru dinaikkan plafon rejekinya melalui pertemuan dan seminar.
Cara baru menjalankan bisnis Amway cara MSO /KCFS dengan cara orang dinaikkan dahulu plafon rejekinya dan kecerdasan keuangannya baru kemudian diajak join Amway.
Bahkan dipahamkan dahulu ilmu bisnis kuadran kanan dan dibetikan pengetahuan tentang MLR, Money Game dan Sistem Piramida sebelum join Amway.
Tujuannya agar tahu bisnis networking yang baik dan benar dan bisa menilai apakah Amway termasuk bisnis yang baik dan benar tersebut.
Dan yang sangat khas pada komunitas MSO/KCFS diberikan terapi pikiran bawah sadar. Tujuannya untuk memperbaiki pola pikir bawah sadar dengan mendengarkan audio relaksasi (ATBS).
Kelebihan menjalankan bisnis Amway cara MSO/KCFS adalah tanpa harus mengadakan pertemuan dan presentasi langsung.
Semua kegiatan dilakukan dengan mengoptimalkan HP Android melalui aplikasi WA dan Telegram.
Dengan demikian kita bisa menjangkau orang di seluruh Indonesia bahkan dunia. Tanpa perlu bertemu dan presentasi langsung. Sangat efisien dari sisi biaya dan efektif dari sisi waktu.
Sehingga potensi untuk mengembangkan bisnis sangat besar sekali.
Dengan metode ini menjalankan bisnis Amway cara KFCS benar benar bisa jadi bisnis sambilan dan tidak mengganggu kegiatan kerja, pengajian atau hobi kita.
Tinggal mengatur waktu saja bisa disambi kegiatan yang lain.
SYARAT UTAMA
Syarat utama agar bisa menjalankan bisnis ini adalah memiliki HP dengan aplikasi WA dan Telegram plus memiliko kontak WA dam Telegram yang banyak.
Bukan hanya puluhan atau ratusan bahkan harus ribuan atau belasan hingga puluhan ribu.
*TANPA JUMLAH KONTAK WA YANG BANYAK AKAN MENYULITKAN MENGEMBANGKAN BISNIS INI*
MENCARI DATA KONTAK WA
Amway cara KCFS memang menggunakan media HP (WA) maka agar tujuan kita tercapai maka harus punya kontak WA sebanyak mungkin. Disarankan hingga 10.000 nomor agar mudah mengolahnya.
Kita memperoleh nomor tersebut dari mana ? Banyak sumbernya antara lain
1. Grup WA
2. Keluarga dan teman
3. Iklan media cetak (koran)
4. Iklan media internet (market place)
5. Medsos
6. Aplikasi
7. Dan lain lain.
Semua data kontak HP kemungkinan besar juga merupakan kontak WA. Sehingga menyimpan nomor HP otomatis juga menyimpan nomor kontak WA.
Era Marketing zaman sekarang menggunakan WA. Hampir tiap hari kita dapat siaran dari kontak lain untuk bergabung dengan suatu grup.
Kita ikuti saja link tersebut walau mungkin temanya kita tidak tertarik.
Karema kita hanya perlu nomor kontak WA nya saja.
Atau ikut komunitas yang memang ada di dunia nyata sekaligus punya grup WA.
Seperti ikut grup alumni pendidikan. Dari Alumni SD, SMP, SMA, S1, S2, kursus, pendidikan, pesantren, pekerjaan dll. Jika tidak ada kita bisa pelopori membuatnya.
Atau ikut grup keluarga, pengajian, hobi dll.
Dari grup ini juga akan banyak informasi link grup.
JOIN GRUP WA
Kita join grup WA dengan cara
1. Lewat link
2. Dimasukkan oleh admin.
Kita join di grup WA orang lain ada 2 hal yang bisa kita kerjakan yaitu
1. Cari kontak
2. Bangun kepercayaan.
CARA MENCARI KONTAK WA
1. Dari info grup WA
Jika ada kontak yang ada namanya maka kita bisa langsung simpan.
Agar memudahkan langkah berikutnya kontak nomor WA kita simpan dengan format :
(Nama grup) (Nama orang)
Contoh
Grafologi Coach Kang Akbar
Artinya
Orang ini anggota grup WA Grafologi dengan nama Coach Kang Akbar.
Seterusnya disimpan sampai habis data kontak dalam info grup.
Jika tidak ada nama bisa disimpan dengan kode tertentu dengan format :
(Nama grup) (Kode)
Contoh
Grafologi A.
Artinya
Orang ini anggota grup WA Grafologi dengan nama belum diketahui dan disimpan dengan kode sebagai si A.
Jika pada chat grup ada nama yang muncul maka penyimpanan kontak bisa diperbaiki lagi.
Cara menyimpan kontak sama dengan cara menyimpan kontak dari chat grup seperti di atas.
Bahkan data nama lebih lengkap/lebih baik/lebih valid.
MENYANTUMKAN NAMA GRUP
Mengapa kita perlu menyantumkan nama grup dalam kontak ?
Tujuannya
1. Untuk mengetahui asal kontak (bersumber dari grup mana)
2. Untuk membuat perkenalan yang power full
Tugas selanjutnya adalah menabung kontak sebanyak mungkin.
Sedikit sedikit lama lama jadi banyak.
Pengalaman saya dengan kontak WA 7.000-an sangat memudahkan menjalankan bisnis ini.
MENGAJAK BERKENALAN
KEPERCAYAAN
Kita menawarkan ide masuk di grup BTD tidak semua orang mau. Karena mereka belum tahu apa itu grup BTD dan apa manfaatnya.
Kata kunci orang agar tertarik/mau adalah kepercayaan. Terutama kepercayaan kepada kita yang mengajak.
Orang yang percaya dengan kita adalah orang yang sudah kenal dengan kita.
Maka PROMO kita tujukan dulu kepada yang sudah kenal dan kenal baik dengan kita.
Namun ada kendala teman atau keluarga kita yang sudah kenal kita malah belum percaya dengan kita. Kita mengajak kaya lha kita sendiri mungkin belum kaya, kata merek.π₯π₯π₯
Mungkin mereka tahu keseharian kita. Mereka tidak percaya dulu.
Agar tidak menjadi beban bisa dialih kepada teman tema ghaib kita yang belum tahu keseharian kita.
Tapi bukan gendruwo, kuntil anak, memedi dan sebangsanya. π
Teman yang kita dapat kontaknya di grup WA yang sudah kita simpan tersebut.
Karena mereka belum kenal kita maka kita ajak kenalan terlebih dahulu dan kita ciptakan kesan yang baik. Walaupun hanya di dunia WA.
MENGAJAK BERKENALAN YANG PENUH TENAGA
Setelah kita dapat nomor kontak WA selanjutnya adalah mengajak orang tersebut berkenalan.
Tujuannya adalah mereka tahu siapa kita dan mau menyimpan kontak kita. Ini berguna ketika kita kirim siaran, agar kiriman kita sampai pada tujuan.
Selain itu kita ciptakan kesan positif sejak perkenalan yang pertama walau hanya lewat tulisan.
Kita buat pertemuan pertama begitu menggoda
Selanjutnya terserah Anda.
π
Kita harus jual manfaat apa untungnya jika mereka berkenalan dengan kita.
Dengan demikian langkah kita berikutnya akan lebih mudah.
Agar tujuan kita ini berhasil tentu harus kita buat redaksi yang baik. Yang tidak berkesan kita nafsu banget jualan (cari prospek anggota BTD).
Setelah redaksi siap baru kita arahkan kepada sasaran.πΉ
CONTOH REDAKSI BERKENALAN
Assalamu'alaikum. SEMANGAT PAGI.
Selamat hari Rabu, SEMANGAT TANPA RAGU.
BulanJanuari hampir berlalu, hampir 1 bulan waktu telah berlalu. Apa yang telah kerjakan untuk itu ?
Apakah hanya pergantian waktu ? Atau cita cita dan impian yang sedang kita bangun sebagai harapan baru ?
Waktu terus berjalan tak dapat dihentikan dan tak dapat digantikan. Hanya impian disertai tindakan yang penuh semangat dan berkelanjutan yang didasarkan dan disandarkan pada doa dan ibadah yang bisa jadi harapan.
Bapak/Ibu yang kami hormati,
Salam kenal bagi yang belum kenal dan selamat berjumpa kembali bagi teman dan saudara. Kita satu grup WA PARENTING.
Perkenalkan, saya Heri Pujiyanto, dengan profesi utama sebagai hamba Alloh serta pelayan dan peramut umat dalam pengajian, dakwah dan pembinaan remaja dan Pramuka masjid.
Profesi sambilan sebagai praktisi bisnis Printing, EO Training, Motivator & Mentor Bisnis.
Kepada Bapak/Ibu yang sudah menyimpan nomor saya, saya ucapkan terima kasih.
Bagi Bapak/Ibu yang belum menyimpan nomor WA saya ini, mohon berkenan untuk menyimpannya.
Banyak manfaat yang bisa Bapak/Ibu dapatkan, antara lain:
1. Bapak/Ibu bisa bertegur sapa, berkirim salam secara pribadi kepada saya.
2. Bapak/Ibu bisa menginformasikan bahkan *menawarkan produk/jasa atau gagasan* kepada saya.
3. Bapak/Ibu bisa memperoleh kiriman dari saya secara teratur dan berkala *salam motivasi atau artikel yang menarik untuk pengembangan diri*.
Semoga kita bisa menjadi sahabat dan saudara, bisa bekerjasama dan menjadi partner kerja.
Salam hormat penuh semangat,
Heri Pujiyanto
Mari kita bedah unsur unsur dalam redaksi perkenalan tersebut
Mari kita bedah unsur unsur dalam redaksi perkenalan tersebut
Usahakan setiap perkenalan unsur unsur tersebut ada.
1. Salam pembuka
2. Perkenalan
3. Menyakinkan bahwa kita orang baik
4. Permintaan mau menyimpan kontak kita
5. Daya dorong agar bersedia menyimpan kontak kita
6. Salam penutup
7. Ikatan emosional
Adapun redaksi sesuai dengan situasi dan kondisi serta gaya bahasa masing masing.
MEMBANGUN KEPERCAYAAN
Dalam dunia pemasaran dan penjualan, seseorang mau memberi produk atau jasa atau mengikuti ide kita karena ada kepercayaan. Kepercayaan terhadap produk, jasa atau ide tersebut.
Dan lebih utama percaya kepada yang membawa ide, produk atau jasa tersebut.
Maka tugas kita adalah bagaimana membuat orang percaya dengan kita bahwa kita membawa ide yang baik. Ide yang memberikan solusi atas masalah sulitnya memperbaiki atau meningkatkan kehidupan keuangan.
Bagaimana caranya ?
Kita harus
1. Memberikan kesan baik
2. Membangun kepercayaan.
Di dunia WA kesan yang baik dan kepercayaan bisa dimulai dari profil WA kita.
Baik foto, nama maupun status kita.
FOTO PROFIL
Kita harus tampil berkesan baik, rapi dan profesional. Siapapun kita.
Ganteng ? Cakep ?
Itu mah sudah terbukti. Sudah laku π
Foto profil seperti ini tidak bisa menggambarkan kita sebagai orang profesional. Walaupun bisa menggambarkan sebagai orang yang sayang dengan anak.
Maka pakailah foto sendiri yang rapi dan berkesan profesional.
Sebaiknya tidak memakai foto
1. Orang lain yang lebih ganteng atau lebih tidak ganteng dari Anda. Tunjukkan Anda sebenarnya.
2. Foto anak atau istri kita. Walau maksud kita mau menunjukkan kita sayang keluarga tapi tidak tepat untuk menggambarkan foto profesional. Apalagi jika foto candid.
Bisa foto bersama istri/suami namun tampak rapi dan profesional.
Namun jangan pula profil foto bersama dengan istri atau suami orang lain yang tidak ada kaitannya dengan bisnis kita.
Mengundang masalah π
Sebaiknya tidak pula foto atau gambar yang tidak menunjukkan kita orang baik atau profesional.
Sebaiknya juga bukan foto atau gambar yang menunjukkan kita anggota Amway. Baik produk, logo maupun acara.
Masih banyak orang yang negatif. Orang takut duluan sebelum kita ajak belajar di grup BTD.
Jangan pula foto yang mengandung unsur sara dan politik.
Ini bukan cari prospek tapi cari lawan π₯π₯π₯
Kesan apa yang timbul dari nama profil tersebut?
Profesional.
Sebaiknya kita memakai nama kita sendiri atau gabungan dengan profesi kita.
Sebaiknya tidak memakai
1. Nama orang lain
2. Nama yang berarti negatif
3. Nama yang sulit dieja atau dibaca
Misal
Augsthhgjjookjcdyjk
4. Nama yang lebay, alay dan sebangsanya
Agus aja
Agus tok
Agus gitu lho
Info profil diisi dengan bahasa yang positif.
Sebaiknya tidak berisi info
1. Info Negatif.
Secara hukum LOA juga akan menyebabkan info tersebut bisa terjadi pada diri kita.
Info tersebut juga tidak mencerminkan orang yang optimis atau semangat.
Misal
- Batery hampir habis
- Sedang tidur
- Sedang sibuk
- Perjuangan tiada akhir
- Pasrah
- Terserah.
2. Info yang mengandung sara atau politik
Status juga harus berkonotasi positif.
Sebaiknya tidak berisi
1. Status Negatif/Lebay/Alay
Secara hukum LOA juga akan menyebabkan status tersebut bisa terjadi pada diri kita.
Status tersebut juga tidak mencerminkan orang yang optimis atau semangat.
Misal
- Batery hampir habis
- Sedang tidur
- Sedang sibuk
- Perjuangan tiada akhir
- Pasrah
- Terserah.
2. Status yang mengandung sara atau politik.
Status bisa diisi dengan promosi produk atau artikel penarik orang bergabung ke grup Building The Dream.
Jika status berupa video, video tersebut hanya bisa ditampilkan selama 30 detik
WAKTU BERKENALAN
Melanjutkan materi tentang perkenalan maka setelah kita punya nomor kontak baru dan punya redaksi perkenalan, selanjutnya adalah mengirim kalimat perkenalan kita.
Kapan waktu yang tepat ?
Jika ada unsur salam motivasi (selamat pagi), sebaiknya salam perkenalan dikirim pada pagi hari. Namun sebaiknya tidak terlalu pagi. Sekitar pukul 7 s.d. pukul 9 WIB masih ideal bagi kita yang ada di Indonesia baik untuk yang tinggal di wilayah waktu Indonesia barat, tengah maupun timur.
Jika tanpa salam semangat pagi bisa dikirimi pada pagi hari,
sewaktu istirahat siang atau sore.
Sebaiknya tidak mengirim salam perkenalan pada tengah malam atau jam jam orang sibuk (bukan jam istirahat pada orang yang bekerja pada jam kerja normal).
Berapa kali perkenalan? Cukup sekali saja. Andaikata mau diulang karena kita belum yakin mereka menyimpan kontak kita, diulang pada lain bulan atau periode yang cukup lama jaraknya dengan salam perkenalan sebelumnya.
Cara aman mengirim salam perkenalan
Karena kita memakai WA yang rawan diblokir oleh manajemen WA (karena dilaporkan spam) maka harus hati hati.
Nomor WA kita diblokir oleh manajemen WA jika ada 50 kontak yang melaporkan nomor kita sebagai pengirim spam (ketentuan jumlah pelapor ini ini bisa diubah sewaktu waktu oleh manajemen WA).
Cara menghindarinya
1. Berdoa minta penjagaan dari pemblokiran nomor
2. Hanya berkirim 49 kontak dalam 1 hari
Jika kita disiplin kirim salam perkenalan ke 49 orang per hari, dalam 1 bulan kita dapat kenalan baru dan mudah mudahan menyimpan kontak kita sebanyak 1.470 orang. Cukup banyak bukan ?
Ada yang berhasil dengan cara ini dan tidak diblokir. Namun tidak ada yang bisa memberikan jaminan akan aman selamanya.
3. Atau mengirim maksimal 50 kontak per jam dan diulang pada nomor kain pada jam berikutnya.
Ada yang berhasil dengan cara ini dan tidak diblokir. Namun tidak ada yang bisa memberikan jaminan akan aman selamanya.
4. Mengirimkan dengan nomor WA kita yang lain (nomor cadangan).
Namun harus tetap berhati hati agar tidak diblokir.
Andaikata diblokir nomor kontak utama kita masih aman.
Hanya kendalanya nomor utana kita belum tentu disimpan walau dalam redaksi sudah ada informasi nomor mana yang agar disimpan.
Selain itu juga harus sabar melakukan proses perkenalan ini.
Sekarang WA hanya memberikan 20 nomor kontak/grup setiap posting. Bahkan versi baru hanya bisa 5 nomor kontak/grup per sekali posting
Tips kirim salam perkenalan
Pengiriman salam perkenalan harus diurut agar tuntas semua mendapatkan kiriman dan tidak ada yang dobel atau berulang ulang.
1. Berdasarkan abjad nama dari awalan nama A - Z. Harus selalu diingat untuk urutan berikutnya
2. Berdasarkan kode grup dan sekaligus abjad nama. Harus diingatkan untuk urutan berikutnya.
Jika ada penyimpanan kontak baru yang abjad awalnya sudah dikirimi salam perkenalan maka sebaiknya diberi kode tertentu agar ingat bahwa kontak tersebut belum dikirimi salam perkenalan dan bisa diajak berkenalan pada kesempatan berikutnya.
Contoh
Nama dengan awalan nama AGUS sudah kita kirimi salam perkenalan semua. Kemudian kita mendapatkan kontak baru dengan nama AGUS juga. Maka agar kesempatan berikutnya bisa kita ajak berkenalan maka kontak tersebut dan kontak berikutnya yang memakai nama AGUS kita simpan sebagai (Kode) (Nama) (Data Lain). Misal kita simpan sebagai 2 AGUS SUNARYO SURABAYA.
Demikian juga jika kita simpan dengan nama grup maka harus diberi kode juga. Misal mendapatkan kontak baru bernama AGUS dari ALUMNI SMA. Kita simpan sebagai SMA2 AGUS SURABAYA.
Sebaiknya tidaki ada pengiriman berulang. Apalagi lebih dari 2 kali dalam waktu berdekatan.
Hal ino rawan diblokir dan kita dinilai tidak profesional.
Namun jangan juga sampai terlewatkan . Sehingga orang tersebut tidak akan pernah menerima kiriman yang kita kirim lewat siaran.
Maka membuat daftar kontak berdasarkan grup lebih baik kode grup ditulis di depan nama.
TIPS TIPS MEMBUAT DAFTAR SIARAN
Per grup daftar siaran jangan langsung diisi full 256 kontak jika berdasarkan abjad nama bukan abjad kode grup (kategori).
Dalam 1 kategori (grup yang sama) jika sudah penuh dibuat daftar siaran lagi untuk grup yang kedua dengan kategori yang sama.
Contoh
Kita punya daftar siaran dengan nama ALUMNI SMA & SMP yang sudah berisi 250 orang.. Namun masih banyak teman SMA yang belum kita masukkan. Maka lebih baik dibuat 2 grup ALUMNI SMA. Alumni SMA 1 dan Alumni SMA2.
Jika sudah kita buat 2 atau lebih dengan anggota sudah penuh ternyata masih banyak yang belum kita masukkan maka kita buat grup siaran baru. Misal ALUMNI SMA 3.
Demikian juga jika berdasarkan abjad huruf pertama pada nama. Kita buat grup orang dengan abjad pertama A misalnya.
Jika ternyata sudah penuh kita buat lagi daftar siaran dengan kategori A1, A2 dan seterusnya.
Tips dan Trik Kirim Siaran
Sesuai dengan tujuan membuat daftar siaran untuk membangun kepercayaan maka kita harus konsisten memanfaatkannya untuk mengirim artikel sebagai sarana membangun kepercayaan.
Namun sebaiknya tidak kirim promosi di awal kirim siaran. Kirim dulu artikel yang tidak ada unsur penjualan/promosi hard sell (vulgar/terus terang) sama sekali, baru setelah cukup kita lakukan promosi.
Biasanya kita pakai rumus 91. Kita sharing dulu 9 kali baru kemudian 1 kali kita promosi. Jangan sampai terbalik.
Lebih baik lagi jika artikel tersebut soft selling (promosi yang tidak terlihat sebagai promosi). Sehingga dapat terus berpromosi tanpa dirasakan sebagai materi promosi.
Ingat kata pepatah : "sharing sharing dahulu selling selling selling kemudian".
MENGELOLA GRUP BTD:
TIPS TIPS MEMBUAT DAFTAR SIARAN
Per grup daftar siaran jangan langsung diisi full 256 kontak jika berdasarkan abjad nama bukan abjad kode grup (kategori).
Dalam 1 kategori (grup yang sama) jika sudah penuh dibuat daftar siaran lagi untuk grup yang kedua dengan kategori yang sama.
Contoh
Kita punya daftar siaran dengan nama ALUMNI SMA & SMP yang sudah berisi 250 orang.. Namun masih banyak teman SMA yang belum kita masukkan. Maka lebih baik dibuat 2 grup ALUMNI SMA. Alumni SMA 1 dan Alumni SMA2.
Jika sudah kita buat 2 atau lebih dengan anggota sudah penuh ternyata masih banyak yang belum kita masukkan maka kita buat grup siaran baru. Misal ALUMNI SMA 3.
Demikian juga jika berdasarkan abjad huruf pertama pada nama. Kita buat grup orang dengan abjad pertama A misalnya.
Jika ternyata sudah penuh kita buat lagi daftar siaran dengan kategori A1, A2 dan seterusnya.
LATAR BELAKANG KIRIM SIARAN
Sesuai dengan tujuan membuat daftar siaran untuk membangun kepercayaan maka kita harus konsisten memanfaatkannya untuk mengirim artikel sebagai sarana membangun kepercayaan.
Namun sebaiknya tidak kirim promosi di awal kirim siaran. Kirim dulu artikel yang tidak ada unsur penjualan/promosi hard sell (vulgar/terus terang) sama sekali, baru setelah cukup kita lakukan promosi.
Biasanya kita pakai rumus 91. Kita sharing dulu 9 kali baru kemudian 1 kali kita promosi. Jangan sampai terbalik.
Lebih baik lagi jika artikel tersebut soft selling (promosi yang tidak terlihat sebagai promosi). Sehingga dapat terus berpromosi tanpa dirasakan sebagai materi promosi.
Ingat kata pepatah : "sharing sharing dahulu selling selling selling kemudian".
WAKTU KIRIM SIARAN
Sebaiknya secara konsisten setiap hari atau setiap beberapa sehari kita kirim artikel. Jangan tidak teratur dengan jarak waktu yang terlalu lama.
Waktu Yang Tepat
Jika siaran berisi salam motivasi sebaiknya ketika pagi hari. Sehari sekali saja.
Jika siaran berupa artikel sebaiknya ketika waktu istirahat. Baik istirahat siang atau sore atau menjelang malam.
Jika siaran berupa salam relaksasi sebaiknya malam hari.
Jika sudah kirim salam motivasi pagi hari, sebaiknya artikel tidak dikirim pagi hari juga. Tapi dikirim ketika siang atau sore atau menjelang malam.
Jika kirim salam relaksasi jangan terlalu malam.
Juga sebaiknya tidak kirim saat menjelang orang sudah mau tidur, misal pukul 23.00 WIB. Bagi yang berada di wilayah waktu Indonesia tengah dan timur sudah sangat larut malam.
Perhatikan juga perbedaan waktu antara WIB, WITENG dan WIT. Maka perlu tahu kontak asal dari kota mana adalah untuk keperluan hal ini.
Perbedaan area waktu disiasati dengan kirim salam motivasi sekitar pukul 6 - 7 WIB (bagi orang yang berada di WIT atau WITENG waktu tersebut juga masih cukup pagi/tidak terlalu siang).
Kirim siang hari pukul 11 - 13 WIB (bagi orang yang berada di WIT atau WITENG waktu tersebut juga masih cukup siang/tidak terlalu sore).
Kirim sore hari pukul 16 - 19 WIB (bagi orang yang berada di WIT atau WITENG waktu tersebut juga masih sore/tidak terlalu malam).
MATERI SIARAN
1. Pagi hari : Salam Motivasi (Selamat Pagi)
2. Siang, sore, menjelang malam : Artikel
3. Malam : Salam Relaksasi.
Salam Motivasi
Ucapan selamat pagi, doa atau kata kata motivasi.
Harus dibuat unik sekaligus penuh semangat.
Sebaiknya membuat sendiri agar berbeda dengan orang lain sekaligus menjadi ciri khas salam kita.
Jika copas jangan seluruhnya sama. Modifikasi sesuai jiwa dan situasi kondisi Anda.
Contoh
Assalamu'alaikum. SEMANGAT PAGI.
Selamat hari Senin, SEMANGAT YAKIN.
Keyakinan membuat semangat tak mudah terpatahkan. Keyakinan membuat energi tak mudah terhabiskan. Walaupun tantangan dan rintangan ada di sepanjang jalan.
Target bisa saja meleset dari waktu dan atau sasaran. Namun ikhtiar, ibadah dan doa yang tak pernah terhentikan, tanda kesuksesan dan kebarokahan hidup akan kita dapatkan.
Artikel Atau Copasan Materi
Materi grup Building The Dream bisa dibuat sebagai bahan artikel siaran.
Tentu dibuat singkat dan padat agar tidak terlalu panjang sehingga sempat/menarik untuk dibaca.
Misal materi kulwa. Dipilih 1 judul dan dishare per hari 1 slide.
Contoh
Materi Kulwa Senjata Rahasia Memperbaiki Pola Pikir atau Meningkatkan Plafon Rejeki. Ini salah satu copasan materi 1 slide saja. Dimodifikasi sesuai kebutuhan kirim siaran.
Penggunaan kalimat bersambung atau kiriman materi gambar dan teks dipisah dalam rangka membuat orang penasaran (tertarik).
Secara keseluran memang memberikan kesempatan orang membaca copasan materi BTD. Jika tertarik bisa langsung diarahkan bergabung ke grup Building The Dream.
Semua materi BTD, PL bahkan CAA bisa dicopas dan dijadikan materi siaran. Yang penting bukan materi yang mengandung AMWAY.
Contoh berupa gambar
Contoh
*MEKANISME SUKSES OTOMATIS dan MEKANISME GAGAL OTOMATIS*
Pikiran bawah sadar kita selalu berorientasi TUJUAN. Jika dia tidak memiliki tujuan baru, maka dia akan mengejar tujuan lama yaitu pola pikir Anda yg lama (pola pikir orang miskin).
Yang intinya ada 2 hal yaitu :
1. Senang bekerja keras.
2. Tidak menyukai uang.
Dengan 2 hal itu, maka uang akan sulit masuk ke Anda (miskin tipe 1) atau uang akan mudah lepas dari Anda (miskin tipe 2).
Tujuannya supaya Anda terus bekerja keras. Jadi sekali merengkuh dayung, dua tujuan tercapai. Yaitu Anda terus bekerja keras dan
Anda tidak punya (miskin).
Jika Anda tidak memberi tujuan baru berupa impian, maka MEKANISME GAGAL OTOMATIS akan bekerja.
Gerak kehidupan Anda berputar putar saja tiada henti.
Bekerja untuk bisa hidup dan hidup untuk bisa bekerja. Membangun bisnis A bangkrut, membangun bisnis B bagus beberapa tahun, muncul masalah dan bangkrut lagi. Membangun bisnis C bagus sebentar dan muncul pesaing atau penipu dan bangkrut lagi. Begitu seterusnya sampai akhir .
Jika Anda memiliki tujuan hidup atau impian yang jelas, tetapi Anda tidak punya mentor atau punya mentor tapi menawar nawar, maka Anda akan bergerak maju menuju impian Anda dengan cara zig zag. Melakukan kesalahan kesalahan, koreksi dan terus maju. Yang menyebabkan zig zag adalah pikiran sadar Anda yang bertindak berdasarkan motivasi (hitung hitungan di atas kertas) yang kadang tidak sesuai dengan jalan yang seharusnya. Pikiran bawah sadar Anda akan mencoba mengarahkan ke jalan yang benar lagi. Begitu terus sampai mencapai tujuan. MEKASNISME SUKSES OTOMATIS Anda akan bekerja mengoreksi kesalahan Anda.
Jika Anda memiliki tujuan atau impian yang jelas dan Anda patuhi mentor Anda Langsung lurus menuju IMPIAN atau DREAM (Maxwell Maltz).
Anda bersikap yang benar kepada mentor Anda, sami'na wa atho’na atau kami mendengar dan kami taat. Ini perlu karena kebanyakan apa yang dianjurkan mentor akan berlawanan dengan yang Anda inginkan, karena program pikiran mentor jelas berbeda dengan program pikiran Anda .
*Sehingga jika ingin berubah lakukan saja meskipun Anda tidak suka dan kemudian belajarlah untuk menyukainya.*
#Meningkatkan Plafon Rejeki. Bersambung.....
*MENJADI DIRI SENDIRI*
MENGELOLA GRUP BTD:
*SALAM RELAKSASI*
Ucapan selamat istirahat sekaligus dorongan agar merefkeksi kejadian yang kita alami hari ini agar bisa diambik hikmahnya.
Sebaiknya dibuat sendiri, unik dan penuh refleksi.
Jika copas jangan keseluruhan agar tetap berbeda.
Contoh
Selamat istirahat. Semoga apa yang kita kerjakan hari ini penuh manfaat.
MENGETAHUI SIAPA YANG MEMBACA SIARAN KITA
Kita sebaiknya secara berkala mengevaluasi apakah kiriman kita dibaca atau minimal sampai ke tujuan.
Dan kita sebaiknya juga tahu kepada siapa siaran kita tidak terkirim/tidak sampai sehingga bisa kita perbaiki (diajak
kenalan lagi dan mau menyimpan nomor kontak kita).
lebih lanjut bisa ikuti link di bawah ini:
*KAKEK DAN BINTANG LAUT*
Disuatu pagi buta, seorang kakek nampak memunguti bintang laut dari pasir dan melemparnya ke laut. Ada ribuan bintang laut yang terdampar di pasir saat pasang besar semalam. Itu terjadi sebulan sekali ketika bulan purnama tiba.
Disiang hari, binatang binatang itu akan mati terpanggang sinar matahari.
Melihat kakek yang memunguti bintang laut itu, seorang anak muda bertanya :”Ngapain kek, buang buang waktu saja. Itu ada ribuan ekor, apa mungkin kakek bisa menyelamatkan semuanya ?”. Sang kakek sambil terus melempar lemparkan bintang laut itu berteriak karena suara angin kencang menderu :”Tidak masalah, kakek memang tidak berniat menyelamat
kan semuanya karena itu tidak mungkin. Tetapi bagi bintang laut yang kebetulan selamat karena kakek lempar kembali ke laut,ini akan sangat berharga. Dia bisa melanjutkan hidupnya dan beranak pinak”.
Saya berprinsip seperti kakek itu. Pasti tidak semua akan bisa “terselamatkan” kondisi keuangannya. Banyak yang akan rontok karena berbagai sebab.
Hambatan utama ya dirinya sendiri, mental blok yang dimiliki, kepercayaan kepercayaan penghambat tentang uang dan
kekayaan. Ada yang mengatakan “lebih mudah memasukkan onta ke
lobang jarum dibandingkan memasukkan orang kaya ke surga”. Atau jangan menjadi orang kaya, nanti dihisabnya lebih lama. Atau kalimat kalimat lain yang sifatnya menafikkan orang kaya.
Ini konsep sesuai yg dikembangkan oleh mentor kita dr.Sigit untuk meningkatkan dl plapon/takaran/kotak rezeki
*"KONSEP REZEKI"*
Suatu ketika, saya pernah datang kepada seorang guru dan bertanya ...
"Guru, sebenarnya bagaimanakah konsep rejeki itu? Kenapa diluar sana banyak orang yang bekerja siang malam tapi rejekinya segitu-gitu aja, di sisi lain ada orang yang bekerjanya santai tapi uangnya banyak."
Sang guru pun menjawab ...
Pada dasarnya rejeki itu ibarat hujan yang turun dari langit. Begitu nyata dan jelas. Manusia hanya perlu menjemputnya saja.
Kenapa rejeki manusia itu berbeda?
Karena wadah mereka untuk menampung rejeki juga berbeda. Ada yang kecil, ada yang sedang, dan ada yang besar. Bahkan ada yang sangat besar.
Wadah rejeki mereka itu ibaratkan sebuah kotak dan rejeki itu ibaratkan hujan yang turun dari langit. Semakin besar kotak untuk menampung air hujan maka air hujan yang kita dapatkan pun juga akan semakin besar.
Nah, kotak itu ada 3 dimensi, yaitu *PANJANG*, *LEBAR*, dan *TINGGI*. Untuk memperbesar ukuran wadah tadi, maka ketiga dimensi itu juga harus dibesarkan, tidak hanya ditambah salah satunya saja.
*_PANJANG Kotak itu melambangkan USAHA/IKHTIAR dalam menjemput rejeki_*.
*_LEBAR Kotak itu melambangkan ILMU yang dimiliki oleh seseorang._*
Sedangkan *_TINGGI melambangkan IBADAH dan RASA SYUKUR yang dimiliki seseorang._*
Setelah tahu 3 dimensi itu, tentu Anda pun tahu bahwa kenapa diluar sana banyak orang yang bekerja siang malam tapi rejekinya segitu-gitu aja, di sisi lain ada orang yang bekerjanya santai tapi uangnya banyak.
Mereka mungkin saja punya uang banyak meski bekerjanya tidak terlalu berat karena mereka memiliki *_ILMU_* dan *_RASA SYUKUR_* serta *_IBADAH_* yang besar.
Semoga bermanfaat
*_#Semangat Pagi_*π€©πͺπͺπͺ
*MEMAHAMI SOFT SELLING DAN HARD SELLING*
(Khusus Leader)
Supaya Anda tidak bingung, kita mulai dari penjelasan singkat antara *hard selling* dan *soft selling* :
*Hard selling* = Melakukan penjualan secara langsung dan cepat (to the point)
*Soft selling* = Menjual secara halus dan perlahan (menghasilkan penjualan tanpa menjual)
Lalu apa kaitannya dengan bisnis Amway Sistem MSO?
Yup, anda harus memahami 2 istilah ini, sebab kita sedang menekuni suatu bisnis kuadran kanan yang akan memberikan hasil jangka panjang atau disebut Pasif Income.
Di dalam dunia bisnis selalu mengenal 2 metode ini untuk melakukan Marketing untuk produk atau jasa yang akan ditawarkan ke publik. Ada yang hanya menggunakan Hard Selling saja, ada yang hanya menggunakan Soft Selling saja, dan ada juga yang menggunakan keduanya.
Di bisnis Amway Sistem MSO, kita menggunakan metode *SOFT SELLING* dimana kita menjual sesuatu tapi tanpa ada kesan JUALAN. Dimulai mencari prospek untuk dimasukkan ke BTD lalu terus berlanjut ke CAA.
Disetiap tahapan grup tersebut mentor kita sudah menyiapkan semua bahan SOFT SELLING nya, kita sebagai Leader di sistem MSO hanya tinggal copas copas saja materi SOFT SELLING nya. Kita begitu dimanjakan oleh mentor dengan semua MATERIAL SOFT SELLING yang telah tersedia.
Karena ini metodenya SOFT SELLING, maka yang paling dituntut kepada kita selaku pebisnisnya adalah sikap SABAR dan TEKUN. Sebab SOFT SELLING membutuhkan waktu untuk mendapatkan SALES (Penjualan). Kita memerlukan proses EDUKASI kepada Market (Pasar) yang kita sasar, sampai kemudian Market tersebut TEREDUKASI terhadap Produk dan Model Bisnis yang kita tawarkan dimana dalam hal ini model Networking Prosumer.
Sekali Metode SOFT SELLING ini menghasilkan SALES, maka dia akan bertahan jangka panjang dan akan terjadi Repeat Order (pembelian berulang) berkepanjangan dari Customernya (ABO). Inilah kelebihan yang tidak dimiliki dari Metode HARD SELLING yang hanya bisa mendapatkan 1 kali Sales dalam waktu cepat tapi tidak bisa bertahan jangka panjang dan jarang terjadi Repeat Order.
*3 HARI BISA FACEBOOK ADS*
*HARI KE 1*
Step 1
1. Cara Buat Halaman Facebook (Facebook Fanpage)
*Praktek disini* >> https://t.me/joinchat/AAAAAEhjTKQQI3uQfUsgxg
*HARI KE 2*
Step 2
1. Cara Masuk ke Akun Iklan Facebook
2. Cara Buat Piksel Facebook
3. Cara Isi Saldo di Akun Iklan Facebook
*Praktek Disini* >> https://t.me/joinchat/AAAAAEsAhjgPGl7JMp9Ctg
*HARI KE 3*
Step 3
1. Mindset Facebook Ads
2. Cara pasang iklan dengan tujuan Konversi (Prospek)
3. Teknik Closing
4. Pengalaman dan hasil yang saya peroleh.
*Praktek disini* >> https://t.me/joinchat/AAAAAEYGatIPBJa6biw8UA
*CARA BELAJAR*
Patuhi ini jika anda ingin bisa :
_TUNTASKAN STEP BY STEP. JANGAN MASUK DAN PRAKTEK KAN STEP 2 JIKA STEP 1 BELUM TUNTAS, DAN SETERUSNYA_
Note :
Link pembelajaran ini hanya untuk peserta yang ada di grup ini. Tidak untuk di share ke grup CAA atau lainnya. Terimakasihππ
Ada 2 penghambat utama utk bisa bebas finansial dan waktu.
1. Percaya bahwa *BEKERJA MENCARI UANG* adalah jalan terbaik utk kita.
2. *Benci MLM.* Kebencian akibat kurangnya pengetahuan kita akan MLM. Padahal dari ribuan bisnis yg disebut MLM itu ada beberapa yg sebenarnya menjadi satu satunya jalan bagi orang biasa seperti kita untuk bisa bebas finansial dan waktu. Tetapi jalan itu tertutup oleh kebencian kita kepada MLM.
Menghilangkan 2 penghambat tadi dg SEFT akan membuat pikiran kita menjadi terbuka atas hal hal baru yg bisa membuat kita bebas finansial dan waktu.
Luangkan waktu 5 menit utk membuka jalan Anda dan anak keturunan Anda menuju kebebasan finansial dan waktu utk 500 tahun ke depan. ππ
*TAKUT GAGAL*
Tempatkanlah sesuatu pada tempatnya. Sampah sangat mengganggu ketika diletakkan sembarangan apalagi sampah organik yang sudah mulai membusuk, tentu sangat menggangu bukan?
Anda boleh takut namun letakkan ketakutan itu pada tempatnya. Saya sepakat dengan kalimat dari Wishnutama di atas bahwa kegagalan terbesar adalah takut gagal. Mengapa? Karena meletakkan ketakutan tidak pada tempatnya. Coba letakkan ketakutan di belakang anda sehingga membuat anda berlari bukan di depan anda sehingga membuat anda mundur. Contoh meletakkan ketakutan di belakang adalah seperti saya harus melakukan menggabungkan 250 orang ke BTD setiap minggunya agar tahun depan keluarga saya gak susah lagi. Itu luar biasa akan membuat lari anda semakin kencang. Jangan meletakkan ketakutan di depan anda. Mengapa? Karena gambaran kegagalan akan muncul mendekati anda. Mari kita contohkan dengan permisalan yang serupa ya. Contohnya : boro-boro masukkan 250 orang, ngajak 50 orang saja ditolak semua, belum lagi nanti kena blokir, persoalan yang gak selesai-selesai nih jawabannya. Paham, kan perbedaannya?
Mari coba kita telaah lagi. Cermati dengan seksama. Sekali lagi saya tekankan bahwa anda boleh takut jika meletakkannya sesuai tempatnya. Kita sedang membangun bisnis yang berbeda, ini bisnis kuadran kanan yang elemen sukses paling utama adalah kualitas pribadi anda. Semakin baik pribadi kita maka semakin dekat kita dengan kesuksesan. Semangat, saya yakin anda pasti bisa hanya perlu terbiasa. Anda pasti bisa karena anda terpilih.
_Semoga Hidup Makin Berkah Berlimpah Bahagia_
Go Founders Crown Ambassador
πππππππππππ
*JANUARI - NEW HOPE* ✨
Semangat Awal Tahun Semangat RESOLUSI Tahun 2020. Yang sudah belanja bulan ini silakan isi list dibawah.
Nama + PV
*PROGRAM ANOW*
1. Romi Saputra 161,156 PV
2. Dian Hidayat 188.843 PV
3. Purnomo 159.814 PV
4. Dewy Utamy 121.904 PV
5. ROHIMA 113.533 PV
6.
*PROGRAM LOYALTY*
1. Dedi Muhidin 53.822 pv
2. Irman yusup 47.348 PV
3. Abdul Qohar 46.694 PV
4. Rina rianah 48.243 PV
5. Abi Egi Lukman 48.038 PV
6. M Arman muddin 64.669 PV
7.
8.
9.
*NON PROGRAM*
1. Soni 2.359 PV
2. Ade m 30.000 PV
3. Abdul Aziz 18.285 PV
4.
Silakan lanjutkan..
_KETERANGAN :_
*PROGRAM ANOW*
π Belanja 100.000 PV di awal join dan 150.000 PV selanjutnya
π Dimasukkan ke Grup LEADER PEJUANG ANOW dan LEADER BTD AKSELERASI
π Akses khusus ke grup FB ADS FOR ANOW
π Menjadi ADMIN di BTD dan bisa masukkan prospek dengan jumlah tak terbatas pada 5 kali BTD Akselerasi dalam bulan program
*PROGRAM LOYALTY*
π Belanja Minimal 45.000 PV
π Dimasukkan ke Grup LEADER BTD AKSELERASI (admin)
π Menjadi ADMIN di BTD dan bisa masukkan prospek dengan jumlah tak terbatas pada 5 kali BTD Akselerasi dalam bulan program
*NON PROGRAM*
π Belanja Semampunya dibawah 45.000 PV
π _Masuk Grup LEADER BTD AKSELERASI_bu bu Hb
π Hanya bisa 1 kali ikut BTD Akselerasi dalam bulan program serta hanya bisa masukkan maksimal 10 prospek ke BTD
Pa arman muddin dari aceh sudah melakukan lakukan langkah 1.. Saya masukan ke grup LEADER BTD AKSELERASI ya untuk mendapatkan bimbingan langkah 2 yaitu pengembangan bisnisππππ
Go SP.. go FCAπͺπͺπͺ
Pengalaman pribadi ...
Syukur alhamdulillah kami telah panen padi.
Ada yg mau saya bagikan, menurut catatan kami tahun lalu salah satu lahan 1 Ha panen mendapat padi 6.570 kg dan tahun ini alhamdulillah dengan aplikasi Nutrifarm AG dan Apsa hasil panen meningkat menjadi 7.900 kg, jika dihitung meningkat 20,24% dan ini peningkatan yg luar biasa di lahan kami yg tidak begitu subur.
Coba kita hitung selisih hasil panen 7.900-6.570 = 1.330 jika dijual rp. 4.600/kg (harga kering sawah saat ini) maka hasil meningkat 1.300x4.600 = 5.985.000
Biaya tambahan pupuk
1 liter nutrifarm Rp. 337.000
500 ml apsa Rp. 69.000
Jumlah Rp. 406.000
Artinya dengan biaya Rp. 406.000 mendapat tambahan hasil panen Rp. 5.985.000
Produk amway memang luar biasa π Testimoni Pupuk Amway oleh Bpk Siswadi Senori Tubanππ»ππ»
ππ» APSA-800 WSC
Produk apakah APSA-800 WSC ?
APSA-800 WSC adalah bahan semprotan serba guna untuk dicampurkan dengan pestisida (insektisida, fungisida, dan herbisida) untuk memberantas hama, penyakit tanaman, dan gulma.
Apakah APSA-800 WSC sejenis pestisida ?
Tidak. APSA-800 WSC bukan pestisida, melainkan bahan perata yang menjadikan air semakin basah. Jika dicampurkan ke dalam larutan pestisida, APSA-800 WSC akan meningkatkan efektivitas pestisida tsb.
Bagaimana cara kerjanya ?
APSA-800 WSC mengandung surfaktan yang bermanfaat memperluas penyebaran genangan larutan pestisida pada permuakaan daun sehingga semprotan pestisida tersebar lebih merata. Dengan APSA-800 WSC, permukaan daun yang tertutup larutan pestisida menjadi lebih luas dan menjadikan larutan tsb bertahan lebih lama di atas permukaan daun. APSA-800 WSC juga membantu herbisida tertentu untuk meresap ke dalam permukaan daun dengan lebih cepat dan merata.
Apa yang dimaksud dengan Surfaktan ?
Surfaktan bekerja di permukaan molekul air untuk mengurangi kecenderungan air membentuk butiran pada permukaan yang cenderung menolak air, misalnya daun yang berlapis seperti lilin. Pada permukaan daun seperti itu, molekul surfaktan APSA-800 WSC menarik air agar menyentuh permukaan daun, sehingga tegangan permukaan air menjadi kecil dan genangan air melebar luas. Jika air semprotan yang telah dicampur dengan pestisida menyebar rata ke segala arah, maka semakin luas permukaan daun yang terkena pestisida.
Di samping berbagai tanaman, apakah APSA-800 WSC juga bermanfaat untuk keperluan lain ?
APSA-800 WSC juga efektif untuk rumput padang golf agar tetap segar & hijau serta mencegah agar rumput tidak kering.
Apakah APSA-800 WSC berbentuk pekat ?
APSA-800 WSC memiliki formula pekat yang mengandung 80% bahan aktif. Dengan kandungan setinggi itu, petani dapat mencakup lahan pertanian yang luas dengan lebih hemat dan efisien. Kombinasi formula pekat dan kinerja pestisida yang semakin sempurna menjadikan APSA-800 WSC sebagai investasi yang sangat tepat untuk menghasilkan panen yang lebih memuaskan.
Sejauh mana efektivitas APSA-800 WSC ?
APSA-800 WSC merupakan peluang emas bagi pemilik ladang pertanian untuk memperbesar hasil panen. Mutu dan efektivitas produk ini telah terbukti dari hasil yang memuaskan di Thailand selama beberapa tahun ini. Di samping itu, Amway bekerja sama dengan beberapa universitas terkemuka terus menerus melakukan penelitian terhadap efektivitas APSA-800 WSC di berbagai negara termasuk Indonesia. Hasil pengujian yang diperoleh ditentukan oleh banyak faktor, antara lain kondisi alat semprot, iklim, kondisi tanah, dan pola tanam yang lazim diterapkan.
Bagaimana cara menggunakan APSA-800 WSC ?
APSA-800 WSC digunakan untuk penyemprotan. Produk ini efektif digunakan dengan alat penyemprot gendong maupun penyemprotan dengan teknologi modern.
Apakah APSA-800 WSC ramah lingkungan ?
Seluruh bahan aktif APSA-800 WSC dapat terurai secara alami. Jika digunakan sesuai petunjuk, APSA-800 WSC tidak akan merusak lingkungan.
Apakah air sadah mengurangi efektivitas APSA-800 WSC ?
Dari hasil ujicoba lengkap yang pernah dilakukan, APSA-800 WSC terbukti efektif jika dicampur dengan bahan kimia ataupun air sadah. APSA-800 WSC dapat menyempurnakan efektivitas beberapa jenis pestisida tertentu yang biasanya melemah jika bercampur dengan air sadah.
Mengapa harga APSA-800 WSC terlihat cukup mahal dibandingkan dengan produk pesaing di pasaran ?
Harga APSA-800 WSC tidak mahal dan cukup bersaing. Jika dihitung, harga APSA-800 WSC akan terasa lebih murah bila dilihat dari sudut kepekatan formula, sehingga dengan pemakaian yang sedikit tapi dapat digunakan untuk ukuran lahan yang lebih luas.
Kapan waktu produk APSA-800 WSC sebaiknya digunakan ?
Penggunaan produk APSA-800 WSC tidak memerlukan waktu khusus, penggunaannya dapat dilakukan dengan mengikuti kebiasaan pengendalian hama dan penyakit oleh pemakai. Penggunaan APSA-800 WSC dapat menghemat biaya penyemprotan karena pestisida dan Pupuk Pelengkap Cair (PPC)/ZPT (Zat Pengatur Tumbuh) dapat dikombinasikan untuk disemprotkan bersama, dapat juga pada waktu penyiraman.
Apa peran APSA-800 WSC pada penyiraman ?
- Meningkatkan daya resap air ke dalam tanah
- Mencegah penguapan air yang berlebihan
- Mengurangi pemborosan air
- Ketersediaan air dapat lebih optimal sehingga akan memperbaiki hasil panen.
Apa keuntungan penggunaan APSA-800 WSC dibandingkan denga merk lain ?
- Performance kinerja sangat baik
- Kompatibilitas tinggi : Sebagian besar pestisida dapat digunakan dengan APSA-800 WSC
- Biogradable : Aman lingkungan
- Tidak korosif (anti karat)
- Alat semprot selalu bersih (tidak mudah tersumbat)
- Konsentrasi tinggi/pekat
- Hemat dalam penggunaan
Apakah APSA-800 WSC dapat dikemas ulang dan diberi label sendiri untuk dijual kepada para pemakai ?
Anda tidak diperkenankan melakukan pengemasan ulang isi produk untuk dijual kepada pemakai yang membutuhkan dalam volume kecil.
Bagaimana peran APSA-800 WSC pada penggunaan herbisida ?
APSA-800 WSC sangat membantu mengefektifkan pemberantasan gulma karena APSA-800 WSC berperan sebagai aktivator dalam memaksimalkan keampuhan herbisida, terutama dari golongan herbisida pasca tumbuh.
Apakah kombinasi penyemprotan pestisida + pupuk pelengkap cair + APSA-800 WSC dapat dilakukan bersamaan ?
Penyemprotan untuk pengendalian hama dan penyakit tanaman/sekaligus memasok unsur hara mikro dari pupuk pelengkap cair dapat dilakukan secara bersamaan. APSA-800 WSC akan lebih mengefektifkan peresapan bahan aktif pestisida dan unsur hara mikro ke dalam jaringan tanaman. Dengan melakukan penyemprotan secara kombinasi maka biaya semprot bisa dihemat atau lebih efisien.
Pupuk Organik Cair
Nutrifarm AG adalah suplemen atau pupuk pelengkap cair organik yang disemprotkan ke daun tanaman untuk memperbaiki pertumbuhan tanaman dan meningkatkan ketahanan dari pengaruh luar lingkungan tumbuh, sehingga tanaman tersebut lebih sehat kondisinya sehingga dapat memanfaatkan cahaya sinar matahari,air dan hara yang tersedia dalam tanah secara optimal.
Produk Nutrifarm AG Amway ini telah diuji efektivitasnya oleh lembaga resmi milik pemerintah yaitu Balai Penelitian Tanaman Sayuran yang berada dibawah koordinasi Badan Penelitian dan Pengembangan, Departemen pertanian.
Pupuk organik cair, Nutrifarm AG telah mendapat Nomor Pendaftaran Pupuk : P838/BSP/VI/2002 dari Direktorat Jendral Bina Sarana Pertanian, Departemen Pertanian sebagai pupuk pelengkap cair.
Penyemprotan pupuk cair secara langsung pada bagian daun tanaman (foliar spraying) merupakan teknik terbaik pemenuhan nutrisi mikro bagi tanaman.
Penyemprotan pupuk organik NUTRIFARM AG melalui daun tanaman akan meningkatkan hasil panen serta kualitas panen. NUTRIFARM AG dapat disemprotkan pada tanaman pangan seperti padi dan jagung, tanaman hortikultura seperti cabai, kentang, bawang, apel, melon, papaya, dll serta dapat juga diaplikasikan pada tanaman keras atau perkebunan.
Dosis Pemakaian Pupuk Cair NUTRIFARM AG
Keterangan Pelarut
1 Liter Air 5 ml Satu botol NUTRIFARM AG (isi 1 Liter) dapat disemprotkan untuk lahan seluas 1 hektar.Larutkan APSA-800 WSC sesuai rekomendasi ke dalam larutan semprot Nutrifarm AG - 10 Liter Air 50 ml
- 50 Liter Air 250 ml
- 100 Liter Air 500 ml
Larutkan NUTRIFARM AG di dalam wadah sesuai dosis anjuran.Larutkan APSA-800 WSC sesuai dengan dosis anjuran pada wadah yang sudah berisi larutan NUTRIFARM AG tadi.Tuangkan larutan campuran tersebut pada tabung sprayer.Tambahkan lagi air ke dalam tabung sprayer agar sesia dengan dosis pemakaian NUTRIFARM AG.Lakukan penyemprotan pada pagi atau sore hari, hindari penyemprotan pada saat terik matahari.Hindari penyemprotan saat akan turun hujan. Penyemprotan NUTRIFARM AG dan APSA-800 WSC selang satu jam sebelum turun hujan, tidak perlu disemprot ulang karena larutan semprot sudah mer7ekat lebih sempurna di permukaan daun.Isi: 1 liter
*MEMAHAMI 3 JENIS MARKET (PASAR)*
(Artikel Panjang Banget, tapi perlu baca tuntas)
By : Sekolah Bisnis Desa
Ini lanjutan dari tulisan saya tentang MEMAHAMI SOFT SELLING dan HARD SELLING. Saat saya belajar Online Marketing, mentor saya menjelaskan tentang 3 Jenis Market ini sebelum kita bertindak lebih jauh dalam proses Marketing, sehingga nanti bisa memberi respon yang tepat untuk ke 3 Jenis Market tersebut, dan tentunya hasil bisa lebih maksimal dibanding kita asal-asalan saja memperlakukan MARKET.
Seperti apa 3 JENIS MARKET tersebut?
1. COLD MARKET (PASAR DINGIN)
2. WARM MARKET (PASAR HANGAT)
3. HOT MARKET (PASAR PANAS)
Seperti itu terjemahan bebasnya...xixixi
Seorang Marketer wajib Faham tentang ke 3 Market ini. Dan ini berlaku untuk Online Marketing ataupun Offline Marketing. Khusus pembahasan kali ini kita memandang dari sudut Online Marketing, karena bisnis kita saat ini adalah AMWAY SISTEM MSO yang dilakukan secara ONLINE.
Mana yang dikatagorikan sebagai COLD MARKET (PASAR DINGIN), WARM MARKET (PASAR HANGAT) dan HOT MARKET (PASAR PANAS) dalam bisnis Amway Sistem MSO kita ini???
Saya selalu bekerja berdasarkan ini, dan saya tidak pernah bosan melakukannya karena semua Materi Edukasi terhadap ke 3 JENIS MARKET ini sudah tersedia FULL di MSO, tinggal pandai pandai kita saja meramunya menjadi resep yang SUPER DUPER. Seperti yang dilakukan oleh Sponsor saya Pak Hadi, rajanya Resep, dan saya hanya tinggal pakai saja......xixixi
Baik...kita bahas !!!
*Siapa COLD MARKET (PASAR DINGIN) di bisnis kita ini?*
1. Calon Prospek baik dicari lewat japri atau iklan.
2. Prospek yang ada di BTD
Bahasa yang lazim digunakan Cold Market ini biasanya *SIAPA LU SIAPA GUA, EMANG GUA PIKIRIN, RESE AMAT SIH MASUKIN GUA KE GRUP ANTAH BERANTAH dsb*. Cold Market ini belum kenal sama sekali dengan bisnis dan produk yang kita tawarkan. Bawaannya prasangka buruk dan Curiga saja.
Maka disini anda harus menghadapinya dengan KESABARAN TINGKAT TINGGI. Sering-sering saja dijapri selama BTD berlangsung. Perlu PDKT intensif, perlu penerapan ilmu SKILL WITH PEOPLE yang mumpuni. Materi untuk COLD MARKET ini sudah tersedia di MSO, yaitu Materi BTD.
*Siapa WARM MARKET (PASAR HANGAT)?*
1. Peserta di PB/PL
2. ABO di FCA ACADEMY (CAA)
Bahasa WARM MARKET ini sudah lebih “RAMAH” sudah mulai sangat PENASARAN dengan bisnis dan produk yang akan kita tawarkan, bahasanya sudah mulai berubah seperti ini : *APAAN SIH INI? PENASARAN GUA..!!!, SEPERTI APA SIH BISNIS DAN PRODUKNYA???*
Mereka sudah mulai ingin tahu..ingin lebih jauh dan sebagian mau menjalankan tapi masih ragu.
WARM MARKET ini harus SECARA INTENSIF DIBERIKAN EDUKASI. Baik Produk maupun bisnisnya. hingga mereka dengan kesadarannya sendiri mau mulai mencoba produk Amway dan mulai menjalankan Bisnisnya, yang memang *SUDAH TERBUKTI BERHASIL BISNISNYA* dan *TERBUKTI BAGUS BERKUALITAS PRODUKNYA*, tetap saja sebagian masih ragu melangkah karena hambatan AMYGDALA di dalam dirinya sendiri dan MENTAL BLOCK yang belum selesai.
Inilah yang kita lakukan di PB/PL dan FCA ACADEMY/CAA secara kontinyu. Jadi jangan merasa senang dulu jika ada yg join Amway. Mereka ini masih WARM MARKET, masih perlu terus di edukasi. Biarkan saja mereka tetap di PB /PL atau FCA ACADEMY/CAA selama mereka masih betah. Mereka ini orang baik, mau “sedekah” untuk biaya daftar Amway Rp 100.000, karena itu memang bukan biaya yang besar untuk sekedar ingin tahu.
Materi untuk WARM MARKET ini sudah tersedia di MSO, yaitu Materi PB/PL dan MATERI Orientasi untuk FCA ACADEMY/CAA. Jangan pernah merasa bosan melakukan edukasi kepada WARM MARKET, baik di grup maupun via Japri, karena mereka perlu terus dibina secara berkelanjutan.
Tidak bahaya jika mereka merasa bosan, karena memang mereka masih “berperang” melawan dirinya sendiri, yang berbahaya justru jika anda yang merasa bosan, maka “tamatlah” riwayat bisnis Anda. Sudah banyak yang menjadi korban virus Corona...eh...sori..virus *BOSAN* xixixixixi....
*Siapa Hot Market (PASAR PANAS)?*
_*PESERTA DI GRUP LEADER*_
Ya, mereka adalah orang-orang yang telah berhasil MEMENANGKAN PEPERANGAN dengan dirinya sendiri, telah berhasil mengalahkan AMYGDALAnya untuk tahap awal. Ditandai dengan :
1. Sudah mulai mencoba menggunakan produk Amway (Belanja) di bisnis sendiri.
2. Sudah mulai menjalankan bisnisnya, dengan memasukkan prospek ke BTD, baik secara mandiri maupun program BTD Akselerasi.
3. Sudah mulai ikut Pertemuan- Pertemuan yang di adakan MSO baik CAT, WORKSHOP dan SEMINAR SIV.
Bahasa HOT MARKET ini adalah : *SAYA SEPAKAT..SAYA MAU SUKSES..SAYA SIAP ACTION..!!!*
Mereka baru berhasil mengalahkan AMYGDALAnya untuk tahap awal, karena di depan mereka terbentang jalan UJIAN minimal 6 bulan untuk BELAJAR KONSISTEN, KOMITMEN dan PERCAYA, yang bisa jadi belum menghasilkan apa apa bagi sebagian. Ini Penuh TANTANGAN, jika berhasil melewatinya, maka mereka akan lanjut ke Langkah selanjutnya selama 6 bulan kedua untuk MEMENANGKAN PERANG TOTAL bagi jalan KEBEBASAN FINANSIAL dan WAKTU nya.
Mereka adalah para LEADER. Di bisnis ini kita harus terus mencari LEADER sehingga bisnis menjadi kokoh. Bukan mencari Follower. Tetapi Follower tetap perlu agar grup FCA ACADEMY/CAA rame.
HOT MARKET atau para LEADER ini juga perlu kita Edukasi secara Intensif di Grup Grup Leader untuk pengembangan dan pertumbuhan Bisnis nya. Karena bisnis ini tidak tumbuh dalam SEMALAM, tidak ada jaminan juga bahwa LEADER ini sudah aman dengan dirinya. Ada tahap tahap dia juga akan merasa BOSAN karena belum menghasilkan setelah sekian bulan mencoba.
Maka perlu terus di edukasi tentang BISNIS KUADRAN KANAN yang sangat jauh berbeda dengan BISNIS KUARAN KIRI. Karena sebagian besar mereka berangkat dari KUADRAN KIRI yang mencoba menyeberang ke KUADRAN KANAN, jadi mindset KUADRAN KIRI nya belum terkikis habis. Jika mereka TEKUN dan SABAR terus berjalan dengan segala hambatan yang ada, pada akhirnya akan sampai tujuan juga.
Disinilah peran anda sebagai Upline untuk terus memberikan semangat kepada mereka. Mereka ini bisa, hanya perlu terbiasa..pinjam istilah pak Anton...xixixixi
Karena materi nya juga sudah ada di KISAH KISAH PARA LEADER, Materi Cara Menjaring Prospek, Cara Kelola BTD, dan secara Rutin dr.Sigit terus memberikan kita materi materi baru.
Terakhir saya ingin katakan, ENAKNYA bisnis Amway Sistem MSO ini, di ke 3 Jenis Market tersebut semua sudah ada BAHAN DAN MATERI untuk EDUKASI nya..Tinggal copas copas dan edit saja..semua ada..sampai detil..Saya sangat salut dengan dr.Sigit, di usia yg sudah 60an beliau mampu membuat MATERI MATERI itu, mulai Video, PDF, Audio, Artikel sampai acara acara Kopdar.
Tidak mudah membuat materi materi sebanyak itu. Saya yang masih muda saja belum mampu buat materi sebanyak itu. Maka saya kadang suka GEMES sendiri lihat ABO atau LEADER masih suka mengeluh saja...Karena semua serba sudah ada...kalo ibarat jamuan makan..di meja makan sudah terhidang semua makanan..tinggal ambil piring dan makan aja sepuasnya.
Aneh kan kalo masih ada yang mempermasalahkan piringnya kurang cocok, warna piring kok putih, ikannya kok ikan panggang, sambelnya kok pedas dan keluhan lain sebagainya. Kalo gitu kenapa ga coba masak sendiri???
Fahami aja deh.....xixixixixi
Salam Sukses Otomatis
Blangpidie, 27 Januari 2020
*Romi Saputra*
Tidak ada komentar:
Posting Komentar