*DI SEKOLAH BISNIS DESA BUKAN SEKEDAR BELANJA BIASA, TAPI BISA MENABUNG DAN BELAJAR ENTERPRENEUR PEMULA & INCOME PASIF*
Sebagai manusia modern, setiap hari kita tentu memakai sebagian besar barang barang seperti di bawah ini :
1.Sembako
2.sayuran
3.sabun cuci,sabun mandi dan pasta gigi
4.perlengkapan lainnya
-Jasa titip belanja sembako mitra rekanan warung
-Jasa antar mitra UKM jualan makanan minuman
- Dan lain lain.
*Pesan dari rumah, kita tinggal menunggu kiriman sampai ke rumah anda*
Sederhana, HYPNOWRITING adalah bagaimana kita membuat tulisan yang menghipnotis.
Oya, jangan bayangkan menghipnotis itu membuat orang tertidur atau membuat mereka mau melakukan apapun yang kita inginkan.
Tulisan yang menghipnotis artinya tulisan yang menarik. Sehingga orang fokus dan terus membaca apa yang kita tuliskan.
Pernah membaca tulisan promosi yang membuat kita penasaran sehingga tidak bisa berhenti membacanya?
Pernah membaca tulisan promosi yang seakan-akan mengetahui apa yang kita pikirkan sehingga membuat kita mengangguk-angguk dengan isinya?
Pernah membaca tulisan promosi yang sangat mengalir sehingga kita akhirnya tergoda untuk membelinya sekarang juga?
Tulisan promosi seperti inilah yang saya sebut dengan tulisan yang menghipnotis.
Sebagai seorang pebisnis, seperti Anda, apa yang akan terjadi bila Anda mampu membuat tulisan yang menghipnotis?
Apa efeknya pada rekening Anda bila Anda bisa membuat tulisan yang membuat orang terpicu untuk membeli apa yang Anda tuliskan?
Asik banget kan?
Pertanyaannya, bagaimana cara membuat tulisan yang seperti itu?
Apakah semua orang bisa membuat tulisan yang menghipnotis seperti itu?
Apa yang Anda perlukan adalah rumus, formula, atau resep. Sehingga Anda cukup mengikutinya satu per satu untuk menghasilkan tulisan yang menghipnotis.
Saya jawab, YA BISA.
Nah, Malam ini ijinkan saya membagikan beberapa jurus untuk menciptakan tulisan yang menghipnotis.
Namun, sebelum sampai sana, kita sepakati definisi HIPNOTIS terlebih dulu ya...
Banyak orang saat mendengar kata hypnosis (atau hipnotis) mendadak ketakutan. Tidak bisa disalahkan, karena memang banyak sekali mitos dan kesalahpahaman yang tersebar terkait ilmu ini.
Hypnosis (atau hipnotis) adalah proses diterimanya sebuah ide di dalam pikiran secara ikhlas; tanpa dikritisi (dibantah).
Misalnya, ketika ada teman kita berkata: "kamu pintar" lalu kita menerima ide bahwa kita pintar, artinya kita sedang terhipnotis oleh dia.
Tantangannya, memasukkan ide ke dalam pikiran tidaklah mudah. Mengapa?
Karena manusia memiliki FILTER KRITIS yang berfungsi mengkritisi semua informasi yang masuk melalui inderanya.
Alarm dari filter kritis inilah yang berbunyi ketika orang lain "menjuali" kita.
Kita berpikir:
"ah, namanya juga jualan"
"masa sih?"
"nggak mungkin kayaknya'
"mahal..."
Bila pikiran kritis seperti ini muncul, maka informasi tidak akan bisa diterima dan diserap secara utuh.
Efeknya, orang akhirnya tidak tertarik dengan penawaran kita.
Orang tidak membeli penawaran kita.
Nah, metode HYPNOWRITING bertujuan membuat tulisan yang bisa menembus filter kritis pembacanya. Sehingga mereka menerima informasi yang kita sampaikan tanpa dikritisi. Ujung-ujungnya mereka akan tertarik dengan apa yang kita tawarkan.
Lain cerita bila kita bisa menembus/melewati filter kritisnya, orang akan berpikir:
"ya, ya, ya..."
"wah, bener juga"
"wiiii...menarik.."
Akhirnya mereka pun membeli apa yang kita tawarkan.
Sampai sini bisa dipahami ya?
Saya tahu, Anda sudah mulai berpikir: jadi bagaimana caranya? Betul?
Saya akan bagikan beberapa jurus. Disimak baik-baik ya...
Jurus #1 - Awali dengan frasa "Banyak Orang"
Misal kita jualan buku. Lalu mengatakan/menuliskan: "Buku ini bagus loh" - kemungkinan besar alarm kritis orang lain akan menyala.
Orang akan berpikir: "Iya lah namanya juga orang jualan, pasti bilang barangnya bagus"
Nah, supaya alarmnya nggak nyala, tambahkan frasa di atas.
Contoh:
"Banyak orang bilang kalau buku ini bagus"
Atau:
"Banyak orang yg sudah membeli buku ini mengatakan bahwa buku ini bagus"
Gimana rasanya? Beda kan?
Jadi frasa "banyak orang" ini menembus filter kritis pendengar/pembaca
Frasa ini bisa dimodifikasi dengan
"Sebagian besar orang ..."
"Pada umumnya orang ..."
Dan kalimat lain yg maknanya sama
Mudah kan ya?
Sekarang kita lanjut ke jurus berikutnya..
Jurus #2 - Menggunakan kutipan
Bisa dari riset, buku, tokoh atau siapapun
Misal kita mau mengatakan:
"Membacakan anak buku itu bermanfaat bagi perkembangan otak anak"
Kalau kita mengatakan seperti ini, orang akan mempertanyakan otoritas kita. Mereka tidak akan percaya begitu saja.
Berbeda bila kita menggunakan kutipan. Misalnya:
"Dalam buku 'Read Aloud' disebutkan bahwa membacakan anak buku itu bermanfaat bagi perkembangan otak anak"
Atau:
"Banyak riset menyebutkan bahwa membacakan anak buku itu bermanfaat bagi perkembangan otak anak"
Atau:
"Guru saya berkata bahwa membacakan anak buku itu bermanfaat bagi perkembangan otak anak"
Atau:
"Teman baik saya berkata bahwa membacakan anak buku itu bermanfaat bagi perkembangan otak anak"
Semua kalimat ini lebih menghipnotis dibandingkan kalimat awal yg tanpa kutipan. Betul?
Lanjut jurus berikutnya sekarang ya...
Jurus #3 - Gunakan frasa "Anda tentu tahu ..."
Kalimat dasar:
"Buku adalah jendela pengetahuan"
Ditambah frasa di atas menjadi:
"Anda tentu tahu, buku adalah jendela pengetahuan"
"Anda tentu tahu, penjualan online tidak akan efektif kecuali kita bisa menggunakan kata-kata yg tepat"
Contoh lain:
"Anda tentu tahu, belajar hypnowriting itu penting. Apalagi jika Anda ingin sukses sebagai penjual"
Saya yakin, teman-teman semua menganggukkan kepala saat membaca kalimat contoh di atas. Benar kan?
Bagaimana membuatnya lebih halus dan menghipnotis? Gunakan kata penunjuk waktu.
Pikiran pembaca tidak akan menentang ajakan untuk bergabung sebagai distributor. Pikiran mereka akan menerima begitu saja kemungkinan untuk bergabung sebagai distributor.
Mengapa? karena pikiran kritis mereka sibuk memikirkan kalimat berikutnya: pelajari dulu aturan mainnya.
Fokus mereka teralihkan ke kalimat pendukung, sehingga ide dari kalimat pertama masuk begitu saja ke pikiran pembaca.
Contoh:
Sebelum teman-teman memutuskan bergabung sebagai distributor kami, ada baiknya teman-teman mempelajari dulu aturan mainnya.
Contoh lagi:
Sementara Anda memikirkan untuk membeli buku HYPNOWRITING ini, ada baiknya Anda mengetahui bahwa BONUS yang saya berikan di masa PRE ORDER ini belum tentu akan diadakan lagi. Dan sebelum Anda menyesal karena tidak mendapatkan BONUS yang sangat menarik ini. Mengapa Anda tidak segera memutuskannya sekarang juga?
Contoh lainnya:
Sebelum ibu memesan buku HYPNOWRITING karya saya ini, bagaimana kalau ibu lihat dulu BONUS yang saya berikan selama masa PRE ORDER?
Nah, cukup saya kasih empat jurus dulu ya…. Jangan kebanyakan...
Besok kita lanjutkan kembali jurus-jurusnya.
Boleh saya cerita sedikit tentang buku terbaru saya?
Jurus-jurus lainnya bisa di pelajari di buku tersebut
Bahasannya antara lain:
1. Delapan unsur untuk membuat penawaran yang sulit ditolak.
2. Enam emosi yang memicu pembelian (dilengkapi dengan contoh kata yang memicunya).
3. Tujuh macam rumus copywriting yang akan membuat Anda mudah menulis konten iklan yang mengalir.
4. Pola bahasa hipnotik untuk membuat perintah yang terselubung/samar (covert)
Ada lima bagian besar dalam buku ini.
Bagian pertama membahas hypnosis dan psikologi pengaruh. Di sini dibahas cara kerja pikiran kita seperti apa dan bagaimana memengaruhinya.
Bagian kedua membahas tentang dasar-dasar copywriting. Membongkar bagaimana merancang penawaran yang sulit ditolak.
Bagian ketiga membahas tentang hypnotic copywriting. Langkah-langkah merangkai kalimat yang menghipnotis.
Bagian keempat membahas tentang pola bahasa hipnotik. Bagaimana kita menyusupkan ide secara terselubung melalui tulisan.
Bagian terakhir membahas tentang bagaimana melatih kemampuan menulis kita. Bagaimana agar kita lebih kreatif dan nggak gampang mentok saat menulis.
Apa yang terjadi di Kulon Progo ini semoga bisa menginspirasi kita semua....
TELADAN DALAM SENYAP
(Belajar Nasionalisme Ekonomi dan bela Pribumi dari Kulonprogo)
Kulonprogo bukanlah daerah yang jadi sorotan media. Bukan kota besar seperti Bandung, Surabaya, apalagi Jakarta. Bupati Kulonprogo, Hasto Wardoyo, pun tak sepopuler Kang Emil, Bu Risma apalagi Ahok.
Walau tanpa sorot media, Hasto Wardoyo, telah meletakkan spirit kemandirian sebuah bangsa. Ia mengajak warganya keluar dr kemiskinan, dengan kekuatan sendiri.
Hasto memberi teladan dalam senyapnya publikasi. Ia memulai dengan gerakan "Bela & Beli Kulonprogo". Antara lain, dengan mengeluarkan kebijakan yang mewajibkan Pelajar & PNS disana mengenakan seragam batik geblek renteng, batik khas Kulonprogo, pada hari tertentu.
Ternyata, dengan jumlah 80.000 pelajar & 8.000 PNS, kebijakan ini mampu mendongkrak industri batik lokal. Sentra kerajinan batik tumbuh pesat, dari cuma 2 menjadi 50-an. Seribuan perajin batik Kulonprogo yang biasanya bekerja di Yogyakarta, kini bisa bekerja di Kulonprogo. Uang ratusan miliar rupiah dari usaha kecil ini berputar di Kulonprogo.
Puryanto, seorang pengusaha batik di desa Ngentarejo, mengaku omzetnya meningkat. Bahkan pernah hingga mencapai 500 persen.
Hasto, yang menjabat Bupati sejak 2011, juga berusaha menjamin pendapatan petani lokal, dengan mewajibkan setiap PNS membeli beras produksi petani Kulonprogo, 10 kg/bulan. Bahkan beras raskin yang dikelola Bulog setempat, kini menggunakan beras produksi petani Kulonprogo.
Sang Bupati yang juga dokter spesialis kandungan ini juga membuat PDAM mengembangkan usaha, dengan memprodusi Air kemasan merk AirKu ( Air Kulonprogo ).
Selain menyumbangkan PAD, keberadaan air kemasan ini membangkitkan kebanggaan warga setempat dengan mengkonsumsi air produk sendiri.
AirKu kini menguasai seperempat ceruk pasar air kemasan di Kulonprogo. Anto, staf . setempat, menuturkan, kini jumlah permintaan lebih besar dari produksi. Karena itu, volume produksi AirKu akan segera ditingkatkan. Berbagai kebijakan lewat Program Bela & Beli, ternyata mampu menurunkan angka kemiskinan di Kulonprogo, dr 22,54 % pd 2013 menjadi 16,74 % pd 2014 ( data Bappeda ).
Oh ya, jika Anda ke Kulonprogo, Anda tak akan menemukan papan iklan rokok. Pemerintah Kulonprogo memang menolak sponsor dari perusahaan rokok. Kebijakan ini tentu mengurangi pendapatan daerah. Namun, memimpin daerah bukan cuma soal menggenjot pendapatan, tapi menempatkan posisi moral yang memihak rakyat. Dalam hal ini, membela hak kesehatan rakyat.
Bupati yang lulusan UGM ini juga memberlakukan Universal Coverage dalam pelayanan kesehatan, dimana Pemkab Kulonprogo menanggung biaya kesehatan warganya Rp 5 juta /orang. Untuk mengimbangi program Universal Coverage, RSUD Wates Kulonprogo memberlakukan layanan tanpa kelas. Artinya, ketika kelas 3 penuh, pasien miskin bs dirawat di kelas 2, kelas 1, bahkan VIP.
Sekali lagi, berbagai kebijakan populis ini dijalankan tanpa banyak sorotan media.
Dan satu lagi... Di Kulonprogo Alfamart dan Indomart yang biasanya berdampingan bagai pasangan yang tak terpisahkan itu (dimana ada Alfamart, disitu ada indomart) tidak diijinkan untuk membuka usahanya, kecuali mau bermitra dengan koperasi. Dengan syarat dan ketentuan tertentu. Salah satunya kewajiban menampung produk UKM di dalam gerai tersebut dan mempekerjakan karyawan dari anggota koperasi.
Alfamart dan Indomart yang bekerja sama dengan koperasi, namanya bukan Alfamart dan Indomart lagi tapi diganti menjadi ToMIRA (Toko Milik Rakyat).
==================
Semoga bisa ditiru dan dilaksanakan pimpinan daerah lain. Kalo Kabupaten Kulonprogo bisa, kenapa Kabupaten, Kotamadya lain ga bisa?
Ayoo maju bangsaku, rakyatku semuanya...!!!
Assalamu'alaikum
Salam sejahtera
Semangat Pagi Bapak Ibu🙏😊
Saya admin pendamping di grup *BTD* ini. Kami dari komunitas CFS (Cerdas Finansial dan spiritual) ingin memberitahukan bahwa untuk bisa menggerakkan mekanisme sukses otomatis kita, kuncinya ada di 2 ATBS ( *Audio terapi bawah sadar* ) yang perlu didengarkan 21x. Mohon info apakah bapak sudah mencoba untuk mendengarkan ATBS ? Jika sudah mencoba mendengarkan, apakah ada kesulitan dalam prosesnya?.
Jika belum mendengarkan tidak masalah. Kira kira faktor apa saja yg membuat Bapak belum mendengarkan?. Apakah tidak punya waktu ? Ada keragu raguan manfaat ATBS itu ? Ada masalah dengan apa yg kita percayai ?
Tujuan kami menanyakan ini utk *mencarikan solusi* mengingat inilah SENJATA RAHASIA BTD yg bisa melakukan reprogramming bawah sadar dari pola pikir penghasilan aktif ke pola pikir penghasilan pasif. Sedang materi lain sifatnya hanya pengetahuan saja.
Terimakasih 🙏🙏
................................
Admin Pendamping
*TUJUH KALI MENGAJAK*
Jika Anda ke restoran, terkadang ada anak menawarkan majalah atau koran, sambil sekilas membacakan judul berita yang sedang hit. Hampir pasti kita tidak tertarik, tidak ada keingin tahuan akan berita baru itu. Kecuali Anda memang sedang mencari koran karena mengikuti perkembangan berita tertentu.
Beberapa menit kemudian ada lagi yang menawarkan koran dan majalah. Meneriakkan lagi berita hit. Kita mulai agak memperhatikan, karena sudah ada data masuk dari penawaran pertama. Lebih lebih kalau si penjual juga meneriakkan berita yang sama dengan tadi. Tetapi seringkali kita hanya sekedar tertarik dan ingin tahu. Belum ada keinginan untuk membeli.
Beberapa menit kemudian ada anak ke 3 yang menawarkan majalah atau koran. Biasanya kalau kita benar benar menganggur dan punya uang, mulai benar benar ingin membeli. Tetapi terkadang belum juga membeli karena masih banyak alasan untuk tidak membeli. Pada tawaran yang ke empat, biasanya kita sudah memutuskan untuk membeli, karena judul judul berita yang tadi diucapkan anak 1, ke 2 maupun ke 3 sudah mulai kita olah dan ada rasa ingin tahu.
Hal yang sama terjadi dengan materi BTD. Sore hari ketika prospek kita pulang kerja, melihat puluhan postingan, yang dilakukan biasanya cuma CLEAR CHATT. Jadi Anda harus JAPRI. SEMUA MATERI POKOK di GRUP, ANDA KIRIM JAPRI atau SIARAN / BROADCAST.
Jika jarang japri, jangan berharap dapat frontline atau dapat orang aktif. Coba amati diri kita sendiri ketika masuk ke grup yang tidak begitu menarik. Pasti tidak membaca postingannya. Jika salah satu admin kemudian mengirimkan materi secara japri, ada 2 hal yang kita lakukan. Kalau nggak membaca atau melihat materinya, maka kita akan memblokirnya. Lebih baik diblokir sehingga selalu centang 1 dari pada merasa kiriman kita dibaca, ternyata cuma Clear Chatt saja. Namanya PHP.
Yang lebih utama lagi adalah *e flyer SEMINAR apapun. HUKUMNYA WAJIB ANDA JAPRIKAN !!!*
Setiap orang perlu mengirimkan japri ke prospek atau downline nya masing masing. Sehingga jika seseorang berada di kedalaman 10 dari seorang platinum, dia mendapat 10 e flyer yang sama dari semua upline nya. Itu akan menggerakkan neuron neuron di otak kita seperti kasus penjual koran diatas.
Dahulu kami diajari untuk mengajak seminar itu minimal 7x sebelum kita benar benar menganggap tidak bersedia ikut. Dulu ngajaknya pakai telepon atau di datangi, jadi lebih ribet dan perlu people skill yang tinggi. Sekarang hanya perlu pakai WA. Mudah, tetapi perlu frekwensi lebih tinggi karena belum tentu dibaca. Berondong saja dia 15x karena ada kemungkinan banyak yang tidak dia buka.
Ingat cerita saya yang perlu 3 bulan diajak Adi sebelum mengatakan :”Ok saya mau ikut”. Nasib saya berubah karena ikut seminar. Saya juga nungguin pak Mulyotanoyo dari siang sampai magrib agar dia ikut seminar. Saya nggak peduli dia dapat uang dari mana, dan itu terbukti mengubah kehidupan pak Mul.
Ayoo, jadilah PEMBAWA PESAN KEBAIKAN. Tuntunlah mereka yang *belum menyadari perubahan nasib* yang bisa mereka rasakan dengan *HADIR di SIV.*
*Kalau saja Anda semua ini anak saya, pasti akan SAYA PAKSA hadir di SIV*. Tetapi karena bukan anak saya, KESUKSESAN ANDA bukan menjadi tanggung jawab saya. Tetapi tanggung jawab Anda sendiri.
Yang saya dan leader lain lakukan selesai seminar hanyalah mengganti nama nama kontak dengan menambah *SIV* di depan setiap downline yang ikut. Karena seperti kata mentor saya, merekalah yang harus kami perhatikan lebih dari yang lain. Merekalah 20% orang yang akan memberi 80% hasil di hukum Pareto.
Surabaya, 13 Februari 2020.
Catatan : *Pendaftaran SIV via online ditutup 15 Februari 2020. Anda bisa titip ke upline SP Anda*.
Covert Selling adalah sebuah ilmu yang mengajarkan bagaimana menjual sesuatu tanpa terlihat menjual.
Di Covert Selling, para penjual diajarkan untuk menjual produknya tanpa harus melakukan hal-hal yang biasanya dilakukan oleh para penjual biasanya ; menawarkan, mengajak, memerintah untuk membeli.
Sehingga, di Covert Selling, penjual akan sangat menjauhi dan menghindari kata-kata semisal : berminat? Ayo cepetan! Segera hubungi!
Di Covert Selling, tak diizinkan ada kalimat iklan berupa penawaran, ajakan atau perintah apapun, karena pada prinsipnya, orang memang tak senang diiklani. Orang tak senang dijuali. Apalagi ketika seseorang ingin menjual sesuatu di social media.
Social media, bukanlah tempat untuk jualan. Kenapa?
Karena di social media, tak ada satupun orang yang meniatkan diri untuk belanja ketika mereka ada di sosmed.
Sehingga, dalam kalimat iklan Covert Selling, seorang penjual hanya akan membuat sebuah konten iklan yang sangat menarik, membuat penasaran, menaikkan intensitas emosi pembaca, sampai akhirnya ada interaksi dari calon pembeli.
Penasaran ?
Berikut ini, saya akan berikan contohnya…
Covert Selling Ambiguity (bermakna Ganda)
Misalnya produk yang dijual adalah Costum Case Anime.
“Luar biasa, baru dibuka penjualannya sudah laris manis di serbu pecinta anime seluruh Indonesia”
“Memang Costum Case ini sangat luar biasa manfaatnya, selain untuk membuat tampilan HP kita menjadi keren, bisa juga untuk mennunjukkan kecintaan kta kepada komunitas yang kita ikuti”
Perhatikan kata “LARIS” dan “LUAR BIASA”
Yang dimaksud LARIS, itu sudah banyak orang yang membeli produknya, sedangkan LUAR BIASA itu seberapa besar manfaatnya untuk mereka yang memakai setelah membeli produknya.
Keduannya bermakna AMBIGU, karena tidak jelas berapa banyak yang terjual dan berapa banyak yang telah menikmati manfaatnya. Sehingga dari sini, pembaca akan digiring untuk KEPO untuk tahu lebih banyak info tentang produk ini.
Untuk mendalami Tehnik Covert Selling ini, maka Anda harus lebih dulu memahami beberapa Tehnik Dasarnya, diantaranya adalah :
1. Offering is Disturbing
Mindset dasar mengapa menawarkan sesuatu dalam aktifitas penjualan adalah sebuah aktifitas yang mengganggu.
Sebagian besar orang tak senang ditawari produk. Kecuali kalau memang seseorang datang ke pusat perbelanjaan, dan memang berniat belanja.
Tapi coba bayangkan ada orang yang menawarkan produk pada kita di kantor kelurahan, di resepsi pernikahan, atau bahkan di masjid. Tentu sangat mengganggu.
Di dunia penjualan online pun begitu. Tak semua media online, bisa, dan cocok digunakan untuk jualan secara blak-blakan.
Social media adalah salah satu media yang tak cocok dipakai untuk jualan secara blak-blakan. Sehingga salah satu cara paling efektif untuk menjual di Social Media adalah dengan cara tersamar, terselubung, nggak blak-blakan.
2. The 6 Steps Selling Effect
Mengenal 6 langkah yang PASTI dilalui oleh para calon pembeli.
Ada 3 fase, dan setiap fase mengandung 2 langkah.
>> Fase THINK mengandung langkah AWARENESS & KNOWLEDGE,
>> Fase FEEL mengandung langkah LIKING & PREFERENCE, dan
>> Fase DO mengandung langkah CONVICTION & PURCHASE.
Setiap calon pembeli, pasti melewati 6 langkah ini sebelum mereka memutuskan untuk membeli. Memahami 6 langkah ini dengan baik, akan memastikan kita paham bagaimana harus bersikap pada calon pembeli.
Dan yang paling penting, membuat kita paham, bagaimana membuat kalimat iklan yang tepat, untuk menaikkan level yang sedang dialami calon pembeli, sampai akhirnya mereka membeli.
3. The Law Of Knowing
Prinsip dasar jualan di social media adalah seberapa banyak orang mengenal kita, sehingga mereka yang mengenal kita akhirnya bisa mengenal produk kita.
Curiosity is a King Goal awal dari Covert Selling adalah bagaimana sebuah postingan iklan bisa membangun rasa penasaran.
Makanya kita sebut bahwa rasa penasaran itu rajanya. Semakin besar rasa penasaran seseorang yang dihasilkan dari sebuah postingan iklan, maka semakin besar pula potensi terjadinya closing.
Closing itu cuma efek, yang hanya akan terjadi ketika calon pembeli sudah semakin menumpuk rasa penasarannya.
4. Change Their Minds Change Their Moods
Salah satu prinsip penting dari Covert Selling adalah bagaimana sebuah postingan iklan, atau komunikasi dalam bentuk apapun, bisa mengubah persepsi dari calon pembeli, sehingga berubah juga kondisi emosinya.
Sesuai dengan keinginan kita sebagai penjual. Dari yang tadinya nggak ngeh, jadi penasaran. Lalu jadi senang, lalu jadi naksir berat, dan seterusnya.
5. It’s Not What You Said, It’s How You Said It.
Prinsip komunikasi baik lisan maupun tulisan, sebenarnya bukan isi informasinya. Tapi cara seseorang menyampaikan informasinya.
Dua orang yang menyampaikan sebuah informasi yang sama, tapi cara menyampaikannya beda, pasti akan menghasilkan efek emosi yang berbeda.
Kalau di komunikasi lisan kita kenal intonasi, artikulasi, dan lainnya, maka di komunikasi tulisan kita mengenal tanda baca, pilihan kata, dan sebagainya. Semuanya akan memengaruhi persepsi penerima informasi, dan akan memengaruhi emosinya.
6. Broadcast & Tag People
Kalau kebanyakan orang menganggap bahwa broadcast di messenger & tag orang di facebook itu mengganggu, dan dilarang digunakan, maka di covert selling sebaliknya.
Di Covert Selling kedua hal yang dilarang itu justru dianjurkan. Tentu syarat dan ketentuan berlaku.
Salah satunya adalah kita hanya broadcast & tag orang yang memang minta di broadcast dan di tag.
7. Covert Up & Cross Selling
Nyaris semua orang yang terlibat di penjualan akrab dengan istilah upselling & cross selling. Tapi pasti belum tau bagaimana melakukan up & cross selling dengan cara yang covert.
Dengan cara yang tanpa penawaran, tanpa ajakan, tanpa perintah untuk membeli. Butuh strategy yang benar-benar cerdas untuk memilih kalimat yang baik, sehingga up & cross selling yang dilakukan benar-benar efektif.
8. 7 Buying Signals Questions
Pembeli itu selalu mengirimkan sinyal sebelum mereka memutuskan untuk membeli.
Setidaknya ada 7 sinyal yang dikirimkan calon pembeli sebelum mereka memutuskan untuk membeli.
Pahami ini, sehingga kita bisa memilih sikap yang tepat, memilih cara berkomunikasi yang tepat, untuk semakin memperbesar terjadinya closing.
Jika sebaliknya, salah cara bersikap, calon pembeli justru akan kabur meninggalkan kita.
Oke sekian materi hari ini, itulah beberapa Tehnik Dasar dalam Ilmu Covert Selling.
Semoga bermanfaat bagi anda praktekan 😊🙏
Saya ingin menginformasikan sebuah Software Canggih untuk temen-temen berbagi Manfaat
Hari ini kami akan membahas materi tentang POLA BERBISNIS ONLINE YANG MENGHASILKAN PENJUALAN. Insya allah akan kita mulai materi
Mohon bantuan Sahabat Berbagi manfaat.
Oke kita mulai saja materinya hari ini 😊
Sudah siap kah anda?
Oke jika anda sudah siap 😊
Pernah gak memulai sesuatu yang baru, kemudian merasa bingung?
Jika pernah, mungkin itulah yang dirasakan banyak orang saat memulai bisnis online.
Ketika pertama kali memulai. . .
Banyak yang tidak tahu apa yang harus mereka lakukan, dan mau di bawa kemana bisnis onlinenya.
Jika tidak segera mencari jawaban, maka kebingungan ini tidak pernah selesai.
_Ujung-ujungnya. ._
Tidak sedikit yang menyerah di tengah jalan, dan memutuskan menutup bisnisnya.
Bisnisnya disuntik mati.... ⚰
Jujur saja. .
Saya tidak ingin itu terjadi sama Anda. Karena itulah, saya memberikan materi ini.
Semoga materi ini bisa jadi maps panduan agar bisnis online Anda lebih terarah.
Nah. Jadi dalam bisnis online, apa sih yang harus di lakukan pertama kali?
Jika ditanya seperti ini, tentu jawaban orang bermacam-macam. Ada yang jawab ini lah, ada yang jawab itulah.
Klo di materi ini jadikan pegangan,
Saat pertama kali berbisnis,
"FOKUSLAH MEMBUAT CASHFLOW BISNIS MENJADI LANCAR."
Ya, jangan macam-macam dulu.
Fokus saja membuat cashflow bisnis jadi lancar.
Cashflow adalah perputaran uang dalam bisnis.
Ada uang masuk, ada uang keluar.
Dalam bisnis, uang keluar adalah sebuah kepastian.
Anda perlu beli ini itu, beli kebutuhan bisnis, bahkan menggaji diri sendiri. Ini semua pakai uang, bukan pakai daun, hehe
Masalahnya. . .
Jika uang masuknya gak lancar, maka di pastikan bisnis akan bermasalah.
Bahkan, jika masalah cashflow di biarkan terlalu lama, bisnis bisa berpotensi bangkrut.
Ya, bisnis di katakan bangkrut, karena tidak ada uang cash yang tersisa untuk menjalankan bisnis.
Jika diibaratkan makhluk hidup, cashflow itu seperti darah dalam bisnis.
Kalau aliran darahnya bermasalah, maka bisnis akan sakit.
Banyak bisnis mati, bukan karena pasarnya lesu, tapi karena ketidakmampuan pengusahanya membuat cashflow bisnis jadi lancar.
Tentu setelah membaca sampai sini, Anda jadi paham bahwa aliran uang dalam bisnis itu penting.
Yang perlu di lakukan setiap pengusaha
adalah. . .
Perbesar uang yang masuk,
Dan evaluasi ketat uang yang keluar.
Sayangnya,
Memperbesar uang masuk tidak semudah mengedipkan mata. Cring cring, hehe.
Mohon maaf, kebanyakan pengusaha pemula gagal disini.
Mereka tidak berhasil mendesain pipa pemasukan yang stabil ke bisnisnya.
Uang masuknya macet.
Akhirnya waktu terus berjalan, tapi bisnisnya diam di tempat.
Lantas, apa sih yang menyebabkan hal ini bisa terjadi?
Nah, dari sekian banyak alasan kenapa bisnis online tidak tumbuh, itu karena pengusahanya lupa memperbanyak pelanggan.
Mereka terlalu fokus mencari pembeli baru, tapi tidak menjaga pembeli lama.
Pembeli dengan pelanggan itu berbeda.
Pembeli adalah orang yang membeli sekali.
Sedangkan pelanggan adalah orang yang membeli berkali-kali.
Enak mana?
Produknya di beli sekali? Atau dibeli berkali-kali?
Hehe..
Jika sekedar jualan, kita hanya fokus mencari pembeli. Stop sampai disana.
Namun jika Anda serius ingin Bisnis terus tumbuh, maka selain mencari pembeli Anda harus fokus memperbanyak pelanggan.
Boleh diingat,
Kunci yang membuat bisnis online stabil bukanlah banyaknya pembeli, namun seberapa banyak pelanggan yang Anda miliki.
Keuntungan memiliki pelanggan adalah
✅Akan ada orang yang terus menerus membeli produk Anda
✅Anda tidak akan kelelahan mencari pembeli baru terus-terusan
✅Pemasukan bisnis Anda tidak hanya dari pembeli.
✅Anda tidak akan kesusahan menjual produk baru.
✅Dan masih banyak keuntungan lainnya
Sebaliknya,
Jika tidak punya pelanggan sama sekali, maka setiap waktu kita akan di tuntut untuk mencari pembeli baru. Dan ini lambat laun akan membuat pengusahanya kelelahan.
Karena mencari pembeli, itu butuh energi yang tidak sedikit.
Kesimpulannya adalah . . .
Jualan Online dengan Bisnis Online itu berbeda.
Jangan hanya sekedar mencari pembeli,
Tetapi bangunlah bisnis, dimulai dari memperbanyak pelanggan.
BAGAIMANA CARANYA?
Syukurlah Anda ada di program yang tepat.
Untuk memperbanyak pelanggan di bisnis online dan agar cashflow menajdi lancar, maka ada 3 hal wajib yang perlu Anda lakukan.
3 hal itu adalah
1. Traffic
2. Conversion, dan terakhir
3. Relationship
Ini adalah proses yang perlu Anda lakukan agar pelanggan bisnis online Anda bertambah.
1⃣. TRAFFIC
Bagi Anda yang belum familiar dengan istilah ini. Simplenya Traffic adalah jumlah orang yang berkunjung ke tempat dimana jualan online Anda berada.
Saya coba berikan gambaran,
Jika Anda berjualan di Web,atau di market place seperti (T**opedia atau Bukal***k) traffic artinya orang-orang yang berkunjung ke toko online Anda.
Jika Anda jualan di Social media seperti Facebook, Instagram, dll maka follower atau teman Anda di sosmed tersebut itulah traffic.
Jika Anda jualan di Social messenger seperti WA, BBM, dan sejenisnya, maka kontak yang berteman dengan Anda itulah trafficnya.
Paham?
Kalau belum coba di baca ulang pelan-pelan. ^^
_Nah, Tugas Anda sebagai pebisnis Online yang pertama bukanlah langsung jualan, tapi berfikirlah bagaimana cara mendatangkan Traffic yang banyak ke bisnis Anda. (Catat ya)✍🏻_
Berfikirlah bagaimana caranya agar orang mau berkunjung ke web Anda, jadi follower social Media Anda, atau berteman dengan Anda di Social Messenger mereka.
2⃣ CONVERSION
Jika traffic adalah pengunjung bisnis online kita, maka yang perlu kita lakukan adalah mengubah pengunjung jadi pembeli.
Conversion di ambil dari kata konfersi yang artinya mengubah.
Jika Anda pernah belajar cara-cara jualan online, itu sebenarnya Anda sedang belajar bagian ini.
Bagian ini amatlah penting, karena di sini lah yang paling menghasilkan.
Semakin ahli Anda mengubah traffic menjadi pembeli Anda, maka semakin banyak uang yang bisa Anda hasilkan.
3⃣ RELATIONSHIP
Tapi ingat kembali.
Jangan terpengaruh kesenangan sesaat, karena sebenarnya strategi tersebut belum selesai.
Traffic yang sudah berhasil jadi pembeli, perlu di ubah menjadi pelanggan.
Buat mereka kembali lagi, membeli lebih banyak, dan membeli lebih mahal.
Karena dengan cara inilah bisnis online Anda akan semakin tumbuh.
Jadi alurnya,
Datangkan Traffic, Ubah mereka jadi pembeli, jalin hubungan agar mereka jadi pelanggan.
Sudah Kebayang??
Perbedaan antara penjual dan pebisnis itu terletak disini.
Jika penjual, mereka akan berhenti sampai tahap Conversion. Bahkan tidak jarang tahap Traffic dilewati, maunya conversion aja, hehe.
Sedangkan pebisnis, setelah conversion, mereka membuat pembelinya kembali beli lagi.
Bisa dipahami?
Oke sekian materi hari ini 😊.
Semoga materinya bermanfaat untuk anda duplikasikan ke dalam bisnis anda.
Terima kasih atas waktunya. Saya mohon pamit 😊🙏
Assalamualaikum Sahabat Berbagi manfaat. Hari ini saya mau sharing tentang "Bagaimana Cara Mencari Supplier Online yang Bagus". Insya allah akam kita mulai jam 19.30
Oke kita mulai saja materinya
BAGAIMANA CARA MENCARI SUPPLIER ONLINE YANG BAGUS
Ada banyak sekali hal yang harus kita perhatikan ketika mengoperasikan bisnis online, salah satunya adalah bagaimana mencari supplier yang baik.
Dalam hal ini, kita berbicara tentang model toko online yang menggunakan sumber produk dari pihak ketiga atau bukan merupakan milik kita sendiri.
Satu fakta penting yang harus kita ingat adalah bahwa mencari supplier bukanlah perkara yang mudah.
Kita diwajibkan untuk teliti melihat supplier mana yang memang mampu menjalin relasi dengan baik sekaligus mampu menyediakan pasokan produk berkualitas, tentunya dengan harga yang terjangkau.
Tips berikut dapat membantu kita menemukan sekaligus menjalin hubungan dengan supplier online yang bagus dan terpercaya:
Jika kita telah memiliki toko online yang siap untuk beroperasi, maka kita akan lebih mudah untuk mencari supplier.
Dengan mempunyai domain sendiri dan konsep yang tertata baik, maka supplier akan memperoleh keyakinan bahwa kita merupakan rekan bisnis yang terpercaya, meski mungkin kita masih pemain baru di bisnis online.
Kesan profesional bisa ditampilkan melalui kelengkapan perangkat bisnis yang sudah kita miliki.
Dalam tahapan ini, kita harus sudah mulai mengidentifikasi merek serta jenis produk yang akan kita perkenalkan dan pasarkan.
Setelah menentukan produk, langkah selanjutnya adalah mengidentifikasi merek-merek yang menjadi competitor bisnis kita.
Dari situ kita bisa mengidentifikasi supplier mana saja yang dapat menyuplai produk yang kita butuhkan.
➖ Mencari Supplier Online yang Bersedia Menerima Dropship atau Reseller
Sebagai tahap awal pengembangan bisnis, kita bisa mencari supplier yang bersedia menerima reseller atau dropshipper.
Berperan sebagai reseller bisa menjadi pilihan bila produk yang akan kita pasarkan memiliki banyak peminat.
Sementara itu, menjadi dropshipper lebih cocok jika kita memiliki keterbatasan tempat untuk menyimpan stock produk atau keterbatasan dana untuk membeli persediaan.
Dengan cara ini, maka kita tidak akan merasa terbebani dengan jumlah stok yang berlebihan.
➖ Meningkatkan Trafik ke Situs Toko Online
Meski toko online kita belum sepenuhnya beroperasi, bukan berarti kita bisa berdiam diri dan membiarkan situs toko kita menganggur.
Kita bisa mulai membangun konten yang menarik untuk memancing rasa penasaran pengguna internet.
Angka traffik yang tinggi menjadi salah satu upaya awal untuk membangun toko online yang diminati dan calon supplier pun akan dapat melihat hal tersebut sebagai langkah awal yang baik.
➖ Jika Pengajuan ke Supplier Online Ditolak
Ketika upaya pengajuan kerjasama kepada supplier ditolak, kita tidak boleh berkecil hati karena masih bisa mencoba membangun bisnis online berbasis afiliasi maupun mencoba bekerjasama dengan supplier yang lain.
Kita bisa memulai dengan memasarkan produk milik toko online yang lain.
Persaingan bisnis yang semakin ketat tentu menuntut kita untuk lebih kreatif, termasuk dalam hal mencari supplier online.
Meski begitu, kita tidak boleh serampangan memilih supplier karena kredibilitas dan profesionalisme yang mereka miliki harus tetap menjadi prioritas yang kita perhatikan.
Oke sekian materi saya hari ini. Semoga bermanfaat
8 Intisari Kehidupan yang banyak orang abaikan.
1. Orang yang tidak tahu menghargai sesuatu, biarpun diberi gunung emas pun tidak akan bisa merasakan kebahagiaan.
2. Orang yang tidak bisa toleransi, seberapa banyak teman pun, akhirnya semua akan meninggalkannya.
3. Orang yang tidak tahu bersyukur, seberapa pintar pun, tidak akan sukses.
4. Orang yang tidak bisa bertindak nyata, seberapa cerdas pun tidak akan tercapai cita-cita nya.
5. Orang yang tidak bisa bekerjasama dengan orang lain, seberapa giat bekerja pun tidak akan mendapatkan hasil yang optimal.
6. Orang yang tidak bisa menabung, terus mendapatkan rejeki pun tidak akan bisa menjadi kaya.
7. Orang yang tidak bisa merasa puas, seberapa kaya pun tidak akan bisa bahagia.
8. Orang yang tidak bisa menjaga kesehatan, terus melakukan pengobatan pun tidak akan berusia panjang.
Di grup banyak pertanyaan seperti itu. Saya nyaris tidak pernah bisa memberi jawaban yang tepat untuk pertanyaan semacam itu. Karena jawabannya tergantung untuk siapa ?.
Kalau pertanyaan itu disampaikan kepada orang yang tidak tahu apa apa tentang Amway tetapi merasa tahu karena pernah mengerjakan sebentar atau hanya dengar dengar saja, maka jawabannya adalah _:"Amway itu MLM, dimana kita mencari orang dan menjual produk"._
Kalau Anda bertanya ke pak Kresno Susatyo, beliau pasti menjawab _:"Amway itu penyelamat saya, berkat Amway saya yang sudah putus asa karena memiliki hutang 2 milyar tahun 1998 akibat krismon, bisa selamat dan melunasi hutang baik uang maupun tanah tanah milik orang yang sertifikatnya saya pinjam"._
Kalau Anda bertanya ke pak Rennier Latief, dia akan tersenyum ramah dan menjawab _:"Amway adalah guru dan mentor saya. Berkat Amway saya sekarang bisa memiliki 50 perusahaan yang semuanya autopilot."_ Sebelum ikut Amway, pak Rennier pemilik 8 perusahaan minyak dan sama sekali tidak memiliki waktu untuk keluarganya.
Kalau Anda bertanya ke mbak Allisa Wachid putri pertama almarhum Gus Dur, jawabannya adalah _:"Amway itu sebuah usaha yang islami, karena mampu membuat orang yang mengerjakannya terpaksa menjadi jauh lebih baik."_ Benar sekali, jika Anda seorang diamond atau peringkat yang lebih tinggi lagi, pasti tidak berani kluyuran ke tempat tempat yang tidak baik atau melakukan hal yang tidak baik.
Kalau Anda bertanya ke ibu Putu Sri Racmaningsih, pasti menjawab _:"Amway adalah penyelamat hidup saya. Berkat Amway saya sembuh dari penyakit kanker dan berubah dari orang termiskin di RT menjadi orang terkaya di RT."_
Kalau Anda bertanya ke saya Amway itu apa, saya hanya akan tersenyum dan tidak menjawab. Anda seharusnya tahu Amway itu apa bagi saya, karena berkat Amway yang saya kerjakan selama 2 tahun, saya bisa bebas tidak perlu praktek maupun bekerja di RS sejak 2005 sampai sekarang.
Kalau Anda bertanya ke isteri saya, mungkin beliau akan tersenyum dan menjawab bahwa Amway adalah alat untuk membayar angsuran apartemen apartemen beliau.
Anda mau Amway itu apa untuk Anda ? Sebagai MLM yang harus dihindari atau sebagai jalan keluar dari masalah ? *Hanya Anda yang bisa menjawabnya*. Yang saya tahu, apapun masalah Anda, mulai keuangan sampai pertengkaran rumah tangga, Amway bisa menjadi kendaraan Anda untuk keluar dari situ. *Itu sudah sangat terbukti !!*
Perkenalkan Saya Soni Setiawan, dari Labuhan Ratu VII. _Kita satu grup di jualan bisnis online_
Saya bermaksud minta izin untuk memasukkan Anda ke grup WA saya, yaitu *grup Building The Dream* (BTD), yaitu grup bimbingan tentang Plafon Rejeki, Cerdas Finansial dll *GRATIS* yg diasuh oleh dr. Sigit Setyawadi SpOG. Silahkan dicoba 1 minggu. Jika nantinya tidak berkenan di grup yg baru tsb silahkan keluar grup kapan saja.
diizinkan atau tidak*?🙏😊
Terima kasih.
*_THE POWER OF 50.000_*
*BISNIS PASIF INCOME _"Amway.id"_*
Cocok untuk Karyawan(ti)/Ibu Rumah Tangga dllnya karena disini terdapat ebook yang bisa anda download untuk bahan pelajaran praktek finansial.
👉 *Modal Cuma Rp. 50.000* belanja sembako mitra Warung SABDA free ongkir.
👉 Setiap *Ajak 1org* komisi Anda *1000 rupiah*poin tabung**
👉 *Bonus poin beli sembako* Bonus bisa di Tarik setiap uang 100 ribu dengan syarat di tabung sendiri dan di cek secara berkala tujuan kami hanya ingin finansial anda sehat.
*_Wow Wow Wow MANTAB._*
*DAFTAR SEKARANG‼*
👉 *https://wa.me/082245436669
*PENTING...‼*
*_Segera..._ cata nomer WA admin* Anda dengan belanja sebesar *Rp. 50 ribu maksimal gratis free ongkir*
Bayar di tempat sesuai pesanan barang sembako yang anda pilih bisa cash atau tranfer bank ke admin⏬⏬
*_BNI_ *0577274883*
*_BRI_ *3394-01-044288-53-3*
*A.N : _Soni Setiawan_*
*Registrasi pilih sembako + klik nama sembako yang di beli*
_Format : 👇
🙏🙏
*_Asalamualaikum.._*
*_Warohmatullahi.._*
*_Wabarkaatuuh.._*
*_Salam Sejahtera Buat Sahabatku Semuanya._*
*_Semangat Pagi Sahabat sahabatku semuanya._*
*_Selamat Berjumpa kembali._*
*_Mari kita Bangkit Bersama, Lebih Bersemangat lagi Mewujudkan Cita Cita dan Impian.._*
*Tetap Bersemangat.*
*Tetap Fokus dan Terus Maju.*
*2 Sampai 5 Tahun Kedepan Kita Semua Harus Sudah FREEDOM.*
*BEBAS KEUANGAN DAN BEBAS WAKTU.*
*MULAILAH DARI SEKARANG.*
*MULAILAH DARI DIRI KITA SENDIRI.*
🤝🤝🔥🔥💪💪🎯🎯🎯
*SALAM SUKSES BERSAMA*
🙏🙏🙏🙏🙏
*SEKOLAH BISNIS DESA LABUHAN RATU VII*
Transaksi Online Diburu Pajak, Bagaimana Dampak dan Tantangannya bagi Dropshipper?
Bagi yang berbisnis jual beli online, pasti tidak asing lagi dengan istilahdropship.
Menurut Wikipedia, pengertian dropship adalah sebuah teknik pemasaran dimana penjual tidak menyimpan stok barang, dan dimana jika penjual mendapatkan order, penjual tersebut langsung meneruskan order dan detail pengiriman barangnya ke distributor/supplier/produsen.
Orang yang melakukan penjualan dengan cara ini disebut dropshipper. Di dunia jual beli online sepert, marketplace, e-commerce, dan media sosial sudah terbiasa dengan transaksi melalui dropshipper ini.
Para dropshipper ini biasanya memajang barang-barang jualannya di toko online/marketplace/Facebook/Instagram dan lain-lain, dan biasanya ini dilakukan atas seizin suppliernya.
Namun ada banyak juga yang memajang barang/produk orang lain di galeri tokonya asal comot aja, tanpa seijin si empunya barang.
Bahkan ada beberapa tawaran seminar/pelatihan bisnis untuk menjadi dropshipper aandal dan sukses.
Pada seminar berbayar ini, ada juga yang menawari pembelian sistem dengan robot otomatis yang akan mengambil data barang dan harga di toko online maupun marketplace dan memindahkan ke toko si dropshipper.
Jangan heran kalau di marketplace, bahkan, ada produk-produk yang fotonya sama persis (kadang sudah ada watermarknya) akan banyak tersebar di banyak toko dengan bermacam-macam range harga, bahkan sampai 2 kali lipatnya. Ini kerja sistem/robot.
Dropshipper biasanya digeluti oleh para pebisnis online pemula yang modalnya sangat minim, atau bahkan tanpa modal sekalipun.
Pada umumnya membuka usaha memerlukan modal besar dengan resiko yang besar pula. Tetapi hal itu tidak berlaku bagi seorang dropshipper. Kita hanya membutuhkan deal harga dengan distributor produk yang akan dijual.
Dari hal tersebut dropshipper dapat menentukan harga sendiri dengan menaikkan harga suatu barang dan mendapatkan keuntungan lumayan.
Namun saat ini keuntungan seorang dropshipper semakin menipis dan menipis, seiring dengan menjamurnya bisnis serupa.
Bahkan mereka harus bersaing dengan produsennya, karena sekarang hampir semua produsen juga menjual langsung ke konsumennya via online.
Dengan hasil keuntungan kian tipis, para pelaku ekonomi digital, termasuk UMKM, kini harus bersiap dengan kebijakan pemerintah.
Pemerintah bakal menarik pajak perdagangan melalui sistem elektronik (PMSE) dan Penyelenggara PMSE (PPMSE) baik ritel online, marketplace, hingga perusahaan digital raksasa.
Program pemerintah yang akan ditempuh untuk perpajakan tersebut tertuang dalam Rancangan Undang-Undang Ketentuan dan Fasilitas Perpajakan untuk Penguatan Perekonomian atau RUU Omnibus LawPerpajakan yang segera dibahas dengan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR RI) dalam waktu dekat.
Omnibus law adalah suatu Undang-Undang (UU) yang dibuat untuk menyasar satu isu besar.
ketua Asosiasi E-Commerce Indonesia (IdEA) Ignatius Untung menilai pihaknya mendukung penuh langkah pemerintah untuk memajaki e-commerce baik berupa PPh maupun PPN. Yang penting ada kajian komprehensif soal dampak Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang berada di platform digital.
gramha.net
Bagi para dropshipper, ini adalah tantangan yang cukup berat. Di satu sisi, kita ingin menjadi warga negara yang baik dengan taat membayar pajak. Di sisi lain, bisnis ini tantangannya semakin banyak saja.
Saat ini para dropshipper harus berpikir keras untuk melanjutkan bisnisnya dengan tantangan-tantangan yang dihadapi berikut ini,
1. Jauh Dari Untung Besar
Keuntungan yang dapat diambil oleh dropshipper saat ini senakin lama umumnya relatif kecil.
Bisa jadi seorang distributor sudah memberikan harga relatif tinggi kepada dropshipper sementara bagi dropshipper perlu memberikan harga yang tidak jauh dari harga distributor guna menjaga pelanggan agar tetap melirik jualan kita.
Sehingga, para dropshipper umumnya tidak dapat menentukan harga yang jauh dari harga yang telah ditentukan oleh distributor.
2. Tidak Dapat Nyetok Produk Sendiri
Ketersediaan barang tidak dapat diketahui langsung oleh dropshipper sebab barang tersebut terdapat pada distributor.
Tidak menutup kemungkinan suatu produk yang hendak dibeli lewat dropshipper ternyata sudah habis terjual, dan dropshipper tidak tahu kapan barang itu akan tersedia lagi.
3. Menjual barang Yang Belum Diketahui
Satu lagi hal yang sulit ketika kita menjual barang yang tidak kita ketahui adalah rincian, kualitas, dan bentuknya. Pada umumnya dropshipper akan sangat sangat kesulitan karena hal tersebut.
Semua barang jualan datanya ada di distributor dan hanya mereka yang tahu hal itu.
Di saat seorang pelanggan menanyakan tentang barang jualannya, dropshipper akan sulit menjelaskan perinciannya.
Satu-satunya cara adalah dia perlu waktu untuk menanyakan ke distributornya. Apalagi jika barang tersebut tidak sesuai keinginan pelanggan maka akan menjadi bahan komplain.
4. Menjadi Penerima Komplain Paling Pertama
Jika terjadi kesalahpahaman dan ketidaksesuaian barang pelanggan, maka dropshipper akan menjadi orang pertama yang dikomplain oleh pelanggan tersebut.
Beberapa jenis komplain seperti produk yang cacat, rusak, bahkan jauh dari harapan pelanggan. Akan menjadi sebuah kesulitan ketika pelanggan memilih untuk mereturn barang tersebut dan menjadi kerugian bagi dropshipper.
Tidak menutup kemungkinan distributor mengirimkan barang ke konsumen kita yang kualitasnya tidak sesuai dengan yang telah kita jelaskan diawal sebelum pelanggan membeli barang.
Menjadi dropshipper tidaklah semudah yang dibayangkan akan tetapi tetap memiliki keuntungan dan kelebihan. Memilih distributor yang trusted dan kualitas barang sesuai adalah hal penting ketika dropshipper ingin menjual barang itu kembali ke pasaran.
Transaksi Online Diburu Pajak, Bagaimana Dampak dan Tantangannya bagi Dropshipper?
17 Februari 2020 12:12Diperbarui: 17 Februari 2020 12:12
73474
pixabay.com/mohammad hasan
Bagi yang berbisnis jual beli online, pasti tidak asing lagi dengan istilah dropship.
Menurut Wikipedia, pengertian dropship adalah sebuah teknik pemasaran dimana penjual tidak menyimpan stok barang, dan dimana jika penjual mendapatkan order, penjual tersebut langsung meneruskan order dan detail pengiriman barangnya ke distributor/supplier/produsen.
Orang yang melakukan penjualan dengan cara ini disebut dropshipper. Di dunia jual beli online sepert, marketplace, e-commerce, dan media sosial sudah terbiasa dengan transaksi melalui dropshipper ini.
Para dropshipper ini biasanya memajang barang-barang jualannya di toko online/marketplace/Facebook/Instagram dan lain-lain, dan biasanya ini dilakukan atas seizin suppliernya.
Namun ada banyak juga yang memajang barang/produk orang lain di galeri tokonya asal comot aja, tanpa seijin si empunya barang.
Bahkan ada beberapa tawaran seminar/pelatihan bisnis untuk menjadi dropshipper aandal dan sukses.
Pada seminar berbayar ini, ada juga yang menawari pembelian sistem dengan robot otomatis yang akan mengambil data barang dan harga di toko online maupun marketplace dan memindahkan ke toko si dropshipper.
Jangan heran kalau di marketplace, bahkan, ada produk-produk yang fotonya sama persis (kadang sudah ada watermarknya) akan banyak tersebar di banyak toko dengan bermacam-macam range harga, bahkan sampai 2 kali lipatnya. Ini kerja sistem/robot.
Dropshipper biasanya digeluti oleh para pebisnis online pemula yang modalnya sangat minim, atau bahkan tanpa modal sekalipun.
Pada umumnya membuka usaha memerlukan modal besar dengan resiko yang besar pula. Tetapi hal itu tidak berlaku bagi seorang dropshipper. Kita hanya membutuhkan deal harga dengan distributor produk yang akan dijual.
Dari hal tersebut dropshipper dapat menentukan harga sendiri dengan menaikkan harga suatu barang dan mendapatkan keuntungan lumayan.
Namun saat ini keuntungan seorang dropshipper semakin menipis dan menipis, seiring dengan menjamurnya bisnis serupa.
Bahkan mereka harus bersaing dengan produsennya, karena sekarang hampir semua produsen juga menjual langsung ke konsumennya via online.
Dengan hasil keuntungan kian tipis, para pelaku ekonomi digital, termasuk UMKM, kini harus bersiap dengan kebijakan pemerintah.
Pemerintah bakal menarik pajak perdagangan melalui sistem elektronik (PMSE) dan Penyelenggara PMSE (PPMSE) baik ritel online, marketplace, hingga perusahaan digital raksasa.
Program pemerintah yang akan ditempuh untuk perpajakan tersebut tertuang dalam Rancangan Undang-Undang Ketentuan dan Fasilitas Perpajakan untuk Penguatan Perekonomian atau RUU Omnibus LawPerpajakan yang segera dibahas dengan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR RI) dalam waktu dekat.
Omnibus law adalah suatu Undang-Undang (UU) yang dibuat untuk menyasar satu isu besar.
ketua Asosiasi E-Commerce Indonesia (IdEA) Ignatius Untung menilai pihaknya mendukung penuh langkah pemerintah untuk memajaki e-commerce baik berupa PPh maupun PPN. Yang penting ada kajian komprehensif soal dampak Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang berada di platform digital.
gramha.net
Bagi para dropshipper, ini adalah tantangan yang cukup berat. Di satu sisi, kita ingin menjadi warga negara yang baik dengan taat membayar pajak. Di sisi lain, bisnis ini tantangannya semakin banyak saja.
Saat ini para dropshipper harus berpikir keras untuk melanjutkan bisnisnya dengan tantangan-tantangan yang dihadapi berikut ini,
1. Jauh Dari Untung Besar
Keuntungan yang dapat diambil oleh dropshipper saat ini senakin lama umumnya relatif kecil.
Bisa jadi seorang distributor sudah memberikan harga relatif tinggi kepada dropshipper sementara bagi dropshipper perlu memberikan harga yang tidak jauh dari harga distributor guna menjaga pelanggan agar tetap melirik jualan kita.
Sehingga, para dropshipper umumnya tidak dapat menentukan harga yang jauh dari harga yang telah ditentukan oleh distributor.
2. Tidak Dapat Nyetok Produk Sendiri
Ketersediaan barang tidak dapat diketahui langsung oleh dropshipper sebab barang tersebut terdapat pada distributor.
Tidak menutup kemungkinan suatu produk yang hendak dibeli lewat dropshipper ternyata sudah habis terjual, dan dropshipper tidak tahu kapan barang itu akan tersedia lagi.
3. Menjual barang Yang Belum Diketahui
Satu lagi hal yang sulit ketika kita menjual barang yang tidak kita ketahui adalah rincian, kualitas, dan bentuknya. Pada umumnya dropshipper akan sangat sangat kesulitan karena hal tersebut.
Semua barang jualan datanya ada di distributor dan hanya mereka yang tahu hal itu.
Di saat seorang pelanggan menanyakan tentang barang jualannya, dropshipper akan sulit menjelaskan perinciannya.
Satu-satunya cara adalah dia perlu waktu untuk menanyakan ke distributornya. Apalagi jika barang tersebut tidak sesuai keinginan pelanggan maka akan menjadi bahan komplain.
4. Menjadi Penerima Komplain Paling Pertama
Jika terjadi kesalahpahaman dan ketidaksesuaian barang pelanggan, maka dropshipper akan menjadi orang pertama yang dikomplain oleh pelanggan tersebut.
Beberapa jenis komplain seperti produk yang cacat, rusak, bahkan jauh dari harapan pelanggan. Akan menjadi sebuah kesulitan ketika pelanggan memilih untuk mereturn barang tersebut dan menjadi kerugian bagi dropshipper.
Tidak menutup kemungkinan distributor mengirimkan barang ke konsumen kita yang kualitasnya tidak sesuai dengan yang telah kita jelaskan diawal sebelum pelanggan membeli barang.
Menjadi dropshipper tidaklah semudah yang dibayangkan akan tetapi tetap memiliki keuntungan dan kelebihan. Memilih distributor yang trusted dan kualitas barang sesuai adalah hal penting ketika dropshipper ingin menjual barang itu kembali ke pasaran.
Dengan adanya pajak transaksi online, para dropshipper harus memutar otaknya lebih keras lagi supaya dapat berbisnis dengan lancar.
Atau sekalian kalau sudah ada modalnya, mengajukan diri sebagai distributor supaya aman dari kendala di atas.
Bahkan, banyak dropshipper yang menjadi produsen langsung barang yang selama ini mereka dapatkan dari distributornya.
Walaupun cukup sulit bagi pebisnis dropship, kita tetap harus bersahabat dengan aturan pemerintah, bukan?